PEMILU 2024: Pemkab Pessel Gencarkan Rekam Data KTP-e ke Pemilih Pemula

Rabu, 15 November 2023, 22:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PEMILU 2024: Pemkab Pessel Gencarkan Rekam Data KTP-e ke Pemilih Pemula
Pemkab Pessel, terus menggencarkan perekaman data terhadap para siswa SLTA di daerahnya. Foto: Dok Dinas Kominfo Pessel

PESISIR SELATAN (15/11/2023) - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, terus menggencarkan perekaman data terhadap para siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di daerahnya.

"Ini merupakan upaya kepemilikan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) bagi mereka yang sudah berumur 17 tahun. Dan, kalau sudah memiliki, juga bisa digunakan di pemilu mendatang (sebagai pemilih pemula)," ucap Kepala Dinas Dukcapil Pessel, Evafauza Yuliasman, dalam relis diterima Rabu (15/11/2023).

Perekaman data terhadap pemilih pemula ini, terangnya, tidak saja bertujuan untuk pencapaian kinerja. Namun juga menjawab hak masyarakat, terutama dalam mendapatkan dokumen kependudukan.

"Karena telah cukup umur, dan juga telah memiliki hak pilih pada Pemilu serentak yang akan digelar 14 Februari 2024," ujarnya.

Baca juga: BPBD Ingatkan KPU Agam Soal PSU DPD di Lokasi Bencana; 100 Meter dari DAS harus Steril dari Aktivitas

Perekaman ini, tambah Evafauza Yuliasman, kami lakukan ke sekolah-sekolah tingkat SLTA di kecamatan - kecamatan. Sebab, kepemilikan KTP elektronik, penting bagi penduduk Indonesia.

Karena, tanpa adanya kepemilikan dokumen-dokumen ini, masyarakat akan sulit mendapatkan berbagai layanan publik, seperti BPJS Kesehatan, Perbankan, Pendidikan, dan lainnya.

"Oleh karena itu, Dinas Dukcapil Pessel tidak henti-hentinya, mendorong masyarakat yang belum melakukan perekaman, untuk datang ke kantor UKL di setiap Kecamatan. Agar, terciptanya masyarakat yang sadar Administrasi Kependudukan di daerah ini," harapnya. (*)

Baca juga: PSU DPD RI, KPU Pessel: KPPS Lama akan Ditugaskan Kembali

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: