DISKOMINFO PESSEL Sosialisasi KIP di SMA Negeri 3 Painan

Minggu, 12 November 2023, 15:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
DISKOMINFO PESSEL Sosialisasi KIP di SMA Negeri 3 Painan
Dinas Kominfo Pessel menggelar sosialisasi KIP di SMA Negeri 3 Painan, dengan tema PPID Goes to School, Jum'at (3/11/2023). Foto: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (12/11/2023) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, menggelar sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di SMA Negeri 3 Painan, Jumat.

Acara sosialisasi KIP dengan tema Goes to School, dihadiri Kepala Diskominfo Pessel Junaidi (PPID Utama), Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Wildan, dan Tim PPID Pessel lainnya.

Junaidi, mengapresiasi Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Painan Rini Amelia. Dimana, selaku atasan PPID yang berkomitmen, dan juga patuh dalam pelaksanaan KIP, sebagaimana diamanatkan UU Nomor 14 Tahun 2008.

"PPID Goes to School, adalah sebuah program inovasi dirancang Diskominfo Pessel, untuk memperkenalkan kepada siswa di sekolah, tentang kewajiban dan hak untuk mendapatkan informasi publik," ujar Junaidi, dalam relis diterima Minggu (12/11/2023).

Baca juga: 7 Penerima Beasiswa Baznas Agam Lulus Cumlaude, Ini Kata Isman Imran

Pada kegiatan ini, juga dilakukan pendampingan ke pengelola PPID SMAN 3 Painan. Sebab, sudah berhasil masuk tahapan visitasi faktual Komisi Infomasi Sumbar kategori SMA/SMK, sesuai surat KI Sumbar Nomor 99/KIP/PSB /X/2023.

Dikatakan Junaidi, Institusi sekolah disamping melaksanakan fungsi akademis dan mempersiapkan generasi masa depan bangsa, juga melaksanakan fungsi sebagai badan publik. Karena itu, wajib melaksanakan Keterbukan Informasi Publik.

"Sekolah tempat menimba ilmu, dan persiapkan diri kita dengan ilmu dan ketrampilan. Terlebih lagi, di era digitalisasi sekarang, kita harus cerdas dan berakhlak," ujarnya.

Kabid IKP Wildan menambahkan, para siswa harus sudah bisa melihat fakta dan fenomena literasi di media publik.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa Pemko Pekanbaru Diperpanjang Hingga 26 Maret 2024

"Literasi digital kita (Indonesia), menempati peringkat paling rendah. Kemampuan menyaring dan dan men-sharing informasi masih dibawah rata-rata orang Asia lain. Untuk itu, kita perlu menguatkan 4 pilar literasi digital kita: yakni digital skill, budaya digital, etika digital, dan keamanan digital," ujarnya.

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: