Gedung Perpustakaan Bahrul Ulum Dibangun dengan Dana Desa, akan Diresmikan Bupati Agam

Sabtu, 11 November 2023, 12:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Gedung Perpustakaan Bahrul Ulum Dibangun dengan Dana Desa, akan Diresmikan Bupati Agam
Suasana gedung baru Perpustakaan Darul Ulum Kantor Wali Nagari Lubuk Basung yang telah bisa dimanfaatkan masyarakat. (humas)

AGAM (11/11/2023) -- Kantor Wali Nagari Lubuk Basung, akan dilengkapi gedung baru yang diperuntukan bagi Perpustakaan Bahrul Ulum.

Pembangunan gedung baru perpustakaan ini, dilakukan sejak Juli hingga Oktober 2023 dengan memanfaatkan Dana Desa senilai Rp368 Juta.

"Di minggu ketiga November 2023, perpustakaan ini akan diresmikan Bupati Agam, Andri Warman. Namun, sekarang tengah menunggu jadwal yang ditetapkan bapak bupati," ungkap Kepala Perpustakaan, Hidayati Amir, Jumat.

Saat ini, tim pengelola telah mengizinkan masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan.

Sementara, jumlah koleksi perpustakaan ini mencapai 1.183 judul dengan 2.450 eksemplar.

Rata-rata donasi buku didapatkan dari pustaka nasional, masyarakat, perantau dan sekolah sekitar.

"Pustaka kami masih sederhana. Walaupun bangunan sudah permanen, tetapi koleksi masih sedikit. Kami masih buka kesempatan bagi donatur yang mau menyumbangkan buku. Tak harus yang baru, bekas pun boleh," tuturnya.

Kedepannya, perpustakaan ini akan dipasang wifi gratis untuk mahasiswa serta mengembangkan konsep perpustakaan ramah anak.

Di bagian dalam pustaka, akan dibuat tempat bermain anak, bola mandi dan ruangan tempat anak berimajinasi. Sementara di luar ruangan akan dibangun taman inklusi, ayunan dan seluncuran.

Mulanya, perpustakaan ini terletak di lantai dua Kantor Wali Nagari.

Sejak mendapat juara tingkat nasional 3 kali berturut-turut dalam program transformasi berbasis inklusi sosial, tim pengelola mengajukan permintaan kepada Wali Nagari untuk membangun Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: