Logistik Pemilu 2024 untuk Kota Padang Panjang dan Mentawai masih dalam Perjalanan, Jumiati: 1.008 Kotak Suara Rusak

Kamis, 09 November 2023, 09:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Logistik Pemilu 2024 untuk Kota Padang Panjang dan Mentawai masih dalam Perjalanan,...
Kepala Bagian Umum, Logistik dan Keuangan KPU Sumbar, Jumiati

PADANG (9/11/2023) - Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Sumatera Barat, membutuhkan 88.181 kotak suara dan 70.276 bilik suara.

Kotak dan bilik suara ini, nantinya akan didistribusikan pada 17.569 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 179 Kecamatan, 1.265 Desa atau Nagari di seluruh wilayah di Provinsi Sumatera Barat. Per TPS, nantinya akan didistribusikan 5 kotak suara dan 4 bilik suara.

"Kotak suara yang telah diterima sebanyak 84.823 unit, tersebar di 17 dari 19 kabupaten/kota yang di Sumbar. Sebanyak 1.008 unit di antaranya, dinyatakan dalam kondisi rusak karena sobek saat diterima," ungkap Kepala Bagian Umum, Logistik dan Keuangan KPU Sumbar, Jumiati dalam pernyataan tertulis yang diterima, Kamis.

Dua daerah yang belum menerima kotak dan bilik suara yakni Kota Padang Panjang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Baca juga: Distribusi Logistik Pemilu 2024, Bawaslu Pasbar: Panwascam harus Pastikan Tepat Jumlah dan Jenis

"Logistik KPU Padang Panjang masih dalam perjalanan. Termasuk, kotak suara untuk KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai yang belum sampai ke gudang di Tua Pejat," ungkap Jumiati.

Dikatakan Jumiati, kerusakan ini diketahui, setelah KPU kabupaten dan kota melakukan penyortiran dan penghitungan ulang kotak suara yang mereka terima.

"Kemungkinan, data kotak dan bilik suara yang rusak ini akan terus bertambah, karena proses sortir masih berlangsung di daerah. Juga ada yang belum sampai di daerah tujuannya," ungkap Jumiati.

Dikatakan Jumiati, KPU Sumbar telah melaporkan kotak suara yang rusak ini ke KPU RI. Juga telah disampaikan secara lisan pada penyedia, sehingga bisa segera disiapkan penggantiannya.

Baca juga: Bawaslu Sumbar Gelar Supervisi Monitoring Pemilu 2024, Bartez: 95 Persen Logistik Telah Sampai di Gudang KPU

"Penyedia menyanggupi untuk segera mengganti, setelah ada permintaan tertulis dari PPK KPU Sumbar," ungkap Jumiati.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: