BI dan Pemprov Gelar Sumbar CreatiFest 2023 di GOR Agus Salim, Catat Tanggal dan Jenis Eventnya

Rabu, 08 November 2023, 00:18 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
BI dan Pemprov Gelar Sumbar CreatiFest 2023 di GOR Agus Salim, Catat Tanggal dan Jenis...
Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endang Kurnia Saputra paparkan rencana gelaran Sumatera Barat Creative Economy Festival (Sumbar Creatifest) tahun 2023 di Padang, Selasa pagi. (veri rikiyanto)

"Kegiatan pre-event ini antara lain adalah Alek Gadang Cinta Bangga Paham Rupiah, digelar 25-26 November 2023, EKSPORA BNI dan lainnya," ungkap Endang.

Kegiatan ini, menurut Endang, diharapkan dapat jadi titik tolak upaya bersama Bank Indonesia dan Pemprov Sumbar dalam mengakselerasi pengembangan UMKM dan sektor Industri dan ekonomi kreatif untuk mendukung kebangkitan pariwisata Sumatera Barat.

Pemulihan Ekonomi

Dijelaskan Endang, Sumbar CreatiFest ini digelar dalam rangka pemulihan ekonomi Sumatera Barat dan akselerasi melalui sektor ekonomi kreatif dan pariwisata.

Dimana, Bank Indonesia KPw Sumatera Barat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata Sumatera Barat yang diawali dengan pencanangan Visit Beautiful West Sumatera 2023.

"Kekayaan budaya, kesenian, dan kuliner Sumatera Barat yang telah diakui dunia menjadi salah satu modal besar yang dimiliki untuk mengembangkan pariwisata," terangnya.

Berbagai kerajinan seperti tenun songket dan batik, ukiran kayu, anyaman, perak, dan ukiran dari batu baram, memiliki ciri khas berbeda dengan daerah lain dengan nilai jual dan daya tarik tersendiri.

Berbagai kuliner Sumatera Barat, juga telah dikenal luas dan memenangkan penghargaan sebagai kuliner terenak.

Hal tersebut menjadi pendorong bagi UMKM untuk menyediakan berbagai masakan dengan bahan baku dan kemasan yang kreatif.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat juga telah melaksanakan kegiatan Strategic Flagship Programme (SFP) pada tahun 2022 yang diberi nama Minang CrEFt (Minangkabau Creative Economy Festival) berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar.

Kegiatan SFP tersebut, akan diteruskan pada tahun 2023 ini sebagai salah satu upaya mendukung kebangkitan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Sumbar sesuai program VBWS (Visit Beautiful West Sumatera).

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: