Sony Budaya Putra jadi Pj Wako Padang Panjang, Roberia jadi Pj Wako Pariaman, Mahyeldi Ingatkan Hal Ini

Kamis, 12 Oktober 2023, 19:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sony Budaya Putra jadi Pj Wako Padang Panjang, Roberia jadi Pj Wako Pariaman, Mahyeldi...
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi lantik Sonny Budaya Putra sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Padang Panjang dan Roberia sebagai Pj Wako Pariaman di auditorium gubernuran, Kamis. (humas)

PADANG (12/10/2023) -- Mendagri tunjuk Sonny Budaya Putra sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Padang Panjang dan Roberia sebagai Pj Wako Pariaman.

Keduanya dilantik Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi di auditorium gubernuran, Kamis. Keduanya diharapkan Mahyeldi, bisa menjaga koordinasi dan komunikasi secara internal maupun dengan pemerintahan pusat dan provinsi.

"Sebagai pimpinan pada Pemerintah Provinsi Sumbar, saya perlu mengingatkan saudara, penjabat wali kota, untuk senantiasa berkoordinasi dan berkomunikasi secara harmonis dengan semua jajaran, baik internal, lintas instansi dan dengan seluruh pemangku kepentingan, tidak terkecuali dengan gubernur, wakil gubernur beserta jajaran Pemprov Sumbar," kata Mahyeldi.

Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sambung Mahyeldi, penjabat wali kota selain diberi tugas untuk menyelenggarakan pemerintahan daerah sebagaimana kepala daerah definitif, juga diberi tugas untuk memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 serta ikut menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah pemerintahan masing-masing.

Baca juga: Apel Siaga Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024, Ini Harapan Wako Pariaman

"Dengan beban tanggung jawab tersebut, tentu saja penjabat wali kota yang ditunjuk adalah orang yang berpengalaman luas, memiliki jiwa kepemimpinan, kredibilitas, kemampuan berkoordinasi dengan instansi pemerintahan, serta didukung dengan pengetahuan mengenai pemerintahan," kata Mahyeldi.

Ia menyebutkan, bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai penjabat wali kota, walaupun sementara, tentu bukanlah hal yang mudah untuk ditunaikan.

Namun demikian, komitmen yang terkandung dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, harus direaliasikan dalam mengarungi masa jabatan paling lama satu tahun terhitung sejak tanggal pelantikan tersebut.

"Ini memang bukan pekerjaan mudah, tapi pasti bisa diupayakan secara bersama-sama. Semoga koordinasi dan sinergi yang saudara bangun nanti akan mempercepat pembangunan daerah tempat saudara ditugaskan," tukas Mahyeldi.

Baca juga: Berlaga di Grup Neraka, PSPP Pasang Target Lolos dari Fase Grup Liga 3 Regional Sumbar

Selanjutnya, Mahyeldi juga berpesan agar kedua Penjabat Kepala Daerah tersebut dapat menjalankan sistem pemerintahan secara transparan, akuntabel dan taat hukum, sesuai dengan aturan yang berlaku, agar terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: rilis adpsb

Bagikan: