Industri Pariwisata Mesti Terintegrasi, Supardi: Bimtek Digitalisasi Guru jadi Jembatannya

Kamis, 12 Oktober 2023, 06:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Industri Pariwisata Mesti Terintegrasi, Supardi: Bimtek Digitalisasi Guru jadi Jembatannya
Ketua DPRD Sumbar, Supardi berdiskusi dengan peserta Bimtek Digitalisasi Guru SMK se-Kota Payakumbuh yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, beberapa waktu lalu. (humas)

PAYAKUMBUH (11/10/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi menegaskan Bimtek Digitalisasi Guru SMK se-Kota Payakumbuh merupakan salah satu upaya untuk mempertemukan dunia pendidikan dengan pembangunan pariwisata.

Produk-produk inovatif yang muncul dari SMK-SMK di Kota Payakumbuh, ungkap Supardi, diharapkan mampu jadi bagian dari pembangunan pariwisata.

"Tugas kita ke depannya, adalah soal bagaimana mengintegrasikan produk-produk itu dengan pariwisata," papar Supardi saat berdiskusi dengan guru-guru SMK se-Kota Payakumbuh, di Bukittinggi, beberapa waktu lalu.

Diskusi tersebut adalah bagian dari Bimtek Digitalisasi Guru SMK se-Kota Payakumbuh yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Supardi mengatakan, pariwisata adalah satu satu sektor penting bagi kota seperti Payakumbuh. Bagi kota non-industri ekstraktif seperti Payakumbuh, industri pariwisata seperti jadi salah satu tumpuan.

"Namun, pembangunan pariwisata tidak bisa dilepaskan dari pembangunan sumber daya manusianya," ungkap politisi Partai Gerindra tersebut.

Misalnya, terang dia, kuliner kreasi SMKN 3 Payakumbuh yang bisa tahan selama 14 hari tanpa bahan pengawet, punya potensi besar untuk dijadikan salah satu ikon oleh-oleh Payakumbuh.

"Para wisatawan mesti dihubungkan dengan produk-produk inovatif semacam itu," lanjutnya.

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

Di samping kuliner, Supardi juga berharap SMK menghasilkan inovasi-inovasi di bidang lainnya yang terkait dengan pariwisata, seperti inovasi di bidang perhotelan.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: