231 Orang Guru PAI Agam Ikuti Pendidikan Profesi Guru, Biaya Perkuliahannya Rp1,155 miliar

Minggu, 08 Oktober 2023, 12:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
231 Orang Guru PAI Agam Ikuti Pendidikan Profesi Guru, Biaya Perkuliahannya Rp1,155 miliar
Bupati Agam, Andri Warman usai penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Sjech M Djamil Djambek Agam-Bukittinggi, Sabtu. (humas)

BUKITTINGGI (8/10/2023) - Bupati Agam, Andri Warman mengungkapkan, sebanyak 231 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) difasilitasi Pemkab untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2023 ini.

PPG ini kerjasama Pemkab Agam dengan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Sjech M Djamil Djambek Agam-Bukittinggi. Ini merupakan bagian dari peningkatan kualitas guru PAI demi melahirkan generasi yang berkarakter ke depan.

"Dengan diusulkannya guru PAI mengikuti PPG ini, tentu kita berharap mutu pendidikan agama semakin baik dan berkualitas di Kabupaten Agam," ujar Andri Warman saat pembukaan PPG di Bukittinggi, Sabtu.

Apalagi pengembangan agama Islam menjadi salah satu sektor pendidikan, yang tengah dikembangkan di Kabupaten Agam.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

Dengan begitu, dirinya berupaya bagaimana SDM guru PAI maupun lainnya meningkat, sehingga pendidikan di Agam lebih berkualitas.

PPG ini syarat bagi guru untuk mendapatkan sertifikasi yang diikuti guru agama tingkatan SD dan SMP, baik berstatus ASN maupun non ASN.

Informasi dari LPTK UIN Sjech M Djamil Djambek, guru PAI dari Agam paling banyak mengikuti PPG dari beberapa daerah lain, bahkan tingkat kelulusan untuk tahap I mencapai 89 persen.

Mengawali PPG ini, Pemkab Agam tandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan LPTK UIN Sjech M Djamil Djambek.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

Dalam PKS itu, Pemkab Agam anggarkan biaya perkuliahan Rp1,155 miliar untuk 231 guru PAI, masing-masingnya Rp5 juta. (*)

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: