Diskominfotik Sumatera Barat Pelajari Pola Kerjasama Publikasi Media di Diskominfo Agam

Rabu, 27 September 2023, 15:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Diskominfotik Sumatera Barat Pelajari Pola Kerjasama Publikasi Media di Diskominfo Agam
Kepala Diskominfotik Sumbar, Siti Aisyah berdiskusi dengan Sekretaris Diskominfo Agam dan jajaran, dalam kunjungan ke Pemkab Agam, Rabu. (humas)

AGAM (27/9/2023) - Kepala Diskominfotik Sumbar, Siti Aisyah beserta sejumlah staf, gali informasi tentang kegiatan Penyelenggaraan Hubungan Masyarakat, Kemitraan dan Komunitas yang dilaksanakan Diskominfo Agam, Rabu.

Penggalian informasi ini, dalam kerangka penyempurnaan kegiatan menyampaikan informasi penyelenggaraan dan pembangunan pada masyarakat berdasarkan Permenkominfo No 8 Tahun 2019 .

"Dalam melakukan kerjasama dengan media massa baik cetak, online dan elektronik, Pemkab Agam telah memiliki sebuah aplikasi yang dinamai SIMAJU (Sistem Informasi media Agam Maju), sebuah aplikasi tentang pendaftaran kerjasama media massa. Aplikasi ini telah digunakan dua tahun terakhir," ungkap Kabid IKP Diskominfo Agam, Antono dalam sesi berbagi informasi.

Rombongan Diskominfotik Sumbar ini, diterima Sekretaris dan Kepala Bidang Diskominfo Agam, di Padang Baru Lubuk Basung.

Baca juga: Martinus Dahlan Ajak Praktisi Media Berkolaborasi Bangun Mentawai

Dijelaskan, penggunaan aplikasi SIMAJU ini berdasarkan pada Peraturan Bupati No 2 Tahun 2022 dengan mencantumkan persyaratan umum dan khusus yang harus diunggah oleh perusahaan pers ke dalam aplikasi SIMAJU tersebut.

"Kita memiliki modul pendaftaran kerjasama dalam aplikasi SIMAJU yang berisikan persyaratan umum dan khusus untuk perusahaan pers," terang Antono.

"Kita minta perusahaan pers untuk melengkapi dan mengunggahnya ke dalam aplikasi. Jika persyaratan yang kita minta itu tidak diunggah, maka dengan sendirinya perusahaan pers tersebut tidak bisa kerjasama dengan Pemkab Agam dalam publikasi serta promosi kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Agam," jelasnya.

Antono juga mengungkapkan, di tahun 2023 ini, aplikasi SIMAJU juga dilakukan penambahan modul yaitu modul kliping, yang digunakan untuk upload berita dari perusahaan pers satu hari satu berita. Modul ini sekaligus dijadikan sebagai 'Bank Berita' Pemkab Agam.

Baca juga: Dua Jorong di Sumatera Barat Dinobatkan sebagai Kampung Proklim 2022

"Modul kliping ini, sebagai bukti perusahaan pers telah melakukan pemberitaan program pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Agam," terangnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: