Paripurna Perubahan APBD Sumbar 2023, Kemiskinan Tinggi; Alokasi 10 Persen Anggaran Pertanian dan 4 Progul Belum Berdampak

Selasa, 19 September 2023, 11:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Paripurna Perubahan APBD Sumbar 2023, Kemiskinan Tinggi; Alokasi 10 Persen Anggaran...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi didampingi Audy Joinaldy (Wagub) memimpin rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Jawaban Gubernur Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Sumbar 2023, Senin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (18/9/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengungkapkan, fraksi-fraksi di parlemen tingkat provinsi menilai, alokasi APBD sebesar 10 persen untuk sektor pertanian, belum memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan petani.

"Tingkat kemiskinan masih tinggi di pedesaan dan pesisir pantai yang sebagian besar masyarakatnya bergerak dibidang pertanian," ungkap Supardi dalam rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Jawaban Gubernur Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Sumbar 2023, Senin.

Selain itu, Supardi juga mengingatkan, dalam pandangan umum fraksi-fraksi tersebut juga menyampaikan empat program unggulan (Progul) gubernur dan wakil gubernur Sumbar masih belum berdampak signifikan.

"Program unggulan Sumbar Sehat dan Cerdas, Sumbar Religi dan Berbudaya, Sumber Sejahtera dan Sumber Berkeadilan, tampak belum berjalan optimal," tegas Supardi dalam rapat paripurna yang dihadiri Wagub Sumbar, Audy Joinaldy itu.

Baca juga: 4 Pimpinan DPRD Sumbar 2019-2024 Kembalikan Mobil Dinas Jenis Sedan dan SUV

Selain itu, ungkap Supardi, fraksi-Fraksi memberikan perhatian khusus terhadap rendahnya realisasi belanja sampai semester pertama tahun 2023.

"Alokasi belanja modal rendah apabila dibandingkan dengan alokasi belanja operasional," ungkap Supardi.

"Juga terdapat belum sejalannya alokasi belanja dengan target kinerja program, kegiatan dan target RPJMD," tambah Supardi.

Menurut Supardi, pandangan umum Fraksi-Fraksi terhadap Perubahan APBD Sumbar 2023 tersebut, akan menjadikan Perubahan APBD Sumbar 2023 semakin efektif, efisien dan akomodatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kemudian, juga semakin adaptif dengan perubahan kondisi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Baca juga: Supardi Beberkan Kinerja Bidang Legislasi, Anggaran dan Pengawasan pada Pelantikan DPRD Sumbar Periode 2024-2029

Sedangkan dari sisi pendapatan daerah, ungkap Supardi, Fraksi-Fraksi berpendapat, target pendapatan daerah yang diusulkan dalam Ranperda Perubahan APBD 2023 masih belum optimal, masih di bawah target yang ditetapkan dalam RPJMD.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: