DPRD Sumbar Audiensi dengan KPU dan Bawaslu Sumbar, Pilkada Serentak 2024 jadi Bahasan

Selasa, 19 September 2023, 10:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Audiensi dengan KPU dan Bawaslu Sumbar, Pilkada Serentak 2024 jadi Bahasan
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen bersama Sawal (ketua Komisi I) dan Rafdinal (sekretaris Komisi I) saat audiensi dengan KPU dan Bawaslu Sumatera Barat di ruang rapat khusus I, Senin. (humas)

PADANG (18/9/2023) - Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib menegaskan, kondusifitas dalam sebuah daerah dalam Pemilu, tidak terlepas dari transparansi dan tertibnya penyelenggaraan, yang notabene dilakukan komisioner KPU dan Bawaslu beserta jajarannya.

"Pada dasarnya, kita semua menginginkan agar Pemilu berjalan sesuai harapan yakni aman dan transparan sehingga tidak menimbulkan polemik dan kendala dikemudian hari. Situasi sebelum dan sesudah Pemilu tetap aman dan masyarakat merasa puas," tutur Suwirpen, di Padang, Senin.

Harapan itu disampaikan Suwirpen saat memimpin audiensi antara Komisi I DPRD Sumbar dengan KPU dan Bawaslu Sumatera Barat. Audiensi ini tepat 148 hari jelang pemungutan suara Pemilu 2024 digelar 14 Februari 2024.

Bersama Suwirpen, juga hadir Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Syawal bersama Wakil Ketua, Maigus Nasir dan Sekretaris, Rafdinal.

Baca juga: DPRD PESSEL 2024: PKB Ketua, PAN Wakil, Demokrat Tersingkir

Dari KPU Sumatera Barat, hadir ketua, Surya Efitrimen bersama komisioner lainnya didampingi Sekretaris KPU, Firman dan Kabag serga Kasubag di lingkungan KPU.

Sedangkan dari Bawaslu Sumatera Barat, hadir sejumlah komisioner seperti Vifner, Muhammad Khadafi dan Febrian Bartez dan sejumlah staf.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumatera Barat, Maigus Nasir menambahkan, pertemuan dengan penyelenggara Pemilu sangat penting, untuk mengetahui tahapan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu 2024 berikut hal teknis lainnya.

"Pertemuan ini sangat penting untuk mengetahui tahapan Pemilu 2024 termasuk hal-hal tekhnis, khususnya menyangkut Pilkada serentak 2024," tutur Maigus Nasir.

Baca juga: Ini Jadwal Penting Pilkada Serentak di 12 Kabupaten, 7 Kota dan Provinsi se-Sumatera Barat

Dalam audiensi yang berlangsung di ruang khusus 1 DPRD Sumbar mengemuka sejumlah pertanyaan seperti soal keterwakilan perempuan, atribut bakal calon hingga alokasi anggaran dalam APBD provinsi maupun kabupaten dan kota pada Pemilu 2024 dan Pilkada serentak 2024. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: