Tradisi Mauluik, Ekspresi Orang Minangkabau Merindukan untuk Dirindukan Rasulullah

Minggu, 17 September 2023, 23:50 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Tradisi Mauluik, Ekspresi Orang Minangkabau Merindukan untuk Dirindukan Rasulullah
Penanggung jawab Syar'i Kuttab Al Fatih Padang, Ustad Muhammad Hafis Safitri saat mengisi kajian serial Rabi'ul Awal dengan tema "Bersama Nabi di Bulan Nabi," yang digagas Kuttab Al Fatih Padang, di Masjid Al Azhar UNP, Ahad pagi.

"Tapi, kenapa Allah memilihkan hari kelahiran nabi Muhammad ini di bulan Rabi'ul Awal. Salah satu maknanya, karena keinginan Allah untuk memuliakan rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam," tambah Ust Hafiz.

Ust Hafiz kemudian menyebut, kecintaan terhadap sosok mulia itu harus terus digelorakan dari generasi ke generasi.

Terlebih, Rasulullah terhadap kita, umatnya yang hidup di akhir zaman ini, sangat dirindukan beliau. Ust Hafiz mengutip riwayat dari Anas bin Malik yang disampaikan Imam al-Qusyairi dalam kitabnyaar-Risalah.

Rasulullah SAW pernah bersabda. "Kapan aku akan bertemu para kekasihku?" Para sahabat bertanya, "Bukankah kami adalah para kekasihmu?" Rasulullah menjawab, "Kalian memang sahabatku, para kekasihku adalah mereka yang tidak pernah melihatku, tetapi mereka percaya kepadaku. Dan kerinduanku kepada mereka lebih besar."

"Begitu lah ekspresi cinta rasulullah ke kita ummatnya yang hidup di akhir zaman ini. Tentunya, kita harus terus membuktikan kecintaan kita pada beliau."

"Indikator seorang sangat cinta pada orang yang dicintai itu, terlihat pada sikap tunduknya. Jika tidak begitu, jangan-jangan cinta mu palsu," kata Ust Hafiz bertamsil.

Akankah kita termasuk mereka yang merindukan dan dirindukan Rasulullah? (*)

Halaman:
1 2 3
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: