Disdik Pasbar Gelar Simulasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Tingkat SMP

Minggu, 17 September 2023, 19:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Disdik Pasbar Gelar Simulasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Tingkat SMP
Dinas Pendidikan Pasbar menggelar simulasi pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yang digelar selama dua hari, tanggal 11 sampai 14 September 2023 lalu. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (17/9/2023) -- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pasbar, Agusli menyatakan, 71 dari 73 SMP yang ada di daerah itu, tahun 2023 sudah dapat melaksanakan Asesmen Nasional (AN) secara mandiri. Sisanya, 2 SMP lagi menumpang pada sekolah terdekat.

Selain itu, ungkap Agusli, sejak 3 tahun terakhir, secara bertahap telah berupaya memenuhi sarana dan prasarana (Sarpras) pelaksanaan kegiatan AN baik melalui dana APBN, APBD dan DAK Fisik.

"Sebanyak 2.352 siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), siap mengikuti AN tahun 2023, yang akan dilaksanakan pada 18-21 September 2023," ungkap Agusli, Ahad.

Dijelaskan, selain persiapan peralatan dan jaringan, tim AN Disdik Pasbar juga telah melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk pematangan persiapan peserta yaitu dengan melaksanakan simulasi atau gladi bersih AN.

Baca juga: Polda Sumbar Incar Penyebar Konten yang Informasikan Penyebab Kematian Siswa di Batang Kuranji

"Disdik telah melaksanakan 2 kali simulasi Asesmen Nasional, yakni tanggal 11 sampai 14 September 2023 lalu," ungkapnya.

"Kita berharap, pelaksanaan AN tahun 2023 ini lebih baik atau akurat dari tahun sebelumnya. Begitu juga kualitas potret literasi, numerasi dan lingkungan belajar siswa diharapkan lebih baik dari tahun 2022," harapnya.

Agusli menyatakan, AN berbeda dengan Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu.

AN yang dilaksanakan saat ini, terang dia, bertujuan bukan untuk menguji kelulusan siswa, tapi untuk memperoleh rata-rata potret hasil belajar literasi, numerasi dan lingkungan belajar siswa.

Baca juga: 235 Santri SDIT dan SMPIT Al Madaniy Ikuti Wisuda Tahfidz, Ada yang Hafalan 10 dan 15 Juz

"Potret nilai hasil belajar yang didapatkan dari AN Sekolah Dasar dan SMP, akan kita jadikan patokan atau dasar dalam menyusun rencana kerja sekolah dan rencana kerja Dinas Pendidikan tahun 2024," ungkap dia.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: