Festival Warisan Budaya Tak Benda akan Dihelat di Payakumbuh, Supardi: Budaya sebagai Unggulan Pariwisata

Selasa, 05 September 2023, 10:38 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Festival Warisan Budaya Tak Benda akan Dihelat di Payakumbuh, Supardi: Budaya sebagai...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi didampingi Syaifullah (Kadis Kebudayaan Sumbar) memberikan keterangan pers tentang agenda Festival Warisan Budaya Tak Benda akan dihelat di Kota Payakumbuh, tanggal 12-17 Oktober 2023, Senin. (humas)

PADANG (4/9/2023) - Festival Warisan Budaya Tak Benda (Intangibel Cultural Haritage Festival) akan dihelat di Kota Payakumbuh, tanggal 12-17 Oktober 2023.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, festival ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk terus mengenalkan atau memasyarakatkan warisan budaya tak benda yang ada di Sumatera Barat.

"Ini upaya kita untuk mengenalkan dan memasyarakatkan warisan budaya tak benda kita terkhusus kepada generasi muda, sehingga seluruh generasi muda tetap mengetahui warisan budaya yang ada," ungkap Supardi pada wartawan di Padang, Senin.

Dikatakan, Sumatera Barat memiliki banyak warisan budaya tak benda yang telah diakui pemerintah pusat maupun dunia.

Baca juga: Paripurna Pengantar Perubahan KUA PPAS 2024, Supardi: Silpa Tak Tercapai, Realisasi Semester I Rendah

Hingga saat ini, pemerintah pusat telah mengakui sebanyak 96 warisan budaya tak benda dari Sumatera Barat.

"Sebanyak 12 warisan budaya tak benda itu, juga telah mendapat pengakuan dari Unesco. Salah satunya yaitu Silat dari Sumatera Barat," ungkap Supardi.

Namun, pengakuan tersebut suatu waktu dapat dicabut kembali, apabila warisan itu tidak aktif atau tidak dijaga dan dilestarikan dengan baik.

Dalam upaya mengaktivasi warisan budaya tak benda yang telah mendapat pegakuan pemerintah pusat dan dunia tersebut, dengan menggunakan dana pokok-pokok pikirannya sebagai anggota DPRD Sumbar, Supardi menginisiasi festival ini.

Baca juga: Hasil Riset 40 Tahun Terakhir tentang Peradaban Megalitik Maek Dipamerkan di Gedung Gambir, Berakhir 20 Juli

"Selain untuk melestarikan, kegiatan yang akan digelar ini juga untuk menjadikan warisan budaya tak benda sebagai objek wisata unggulan di Sumatera Barat," ungkap dia.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: