Desa Wisata Lawang Raih Juara 1 ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum

Senin, 28 Agustus 2023, 08:55 WIB | Wisata | Kab. Agam
Desa Wisata Lawang Raih Juara 1 ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum
Menteri Parekraf, Sandiaga Uno bersama Andri Warman (Bupati Agam), foto bersama usai menerima penghargaan Desa Wisata Terbaik I untuk Nagari Lawang dengan kategori Homestay dan Toilet Umum di TMII Jakarta, Ahad malam. (humas)

JAKARTA (28/8/2023) - Bupati Agam, Andri Warman terima penghargaan di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI 2023) setelah Desa Wisata Lawang dinobatkan sebagai juara satu kategori Homestay dan Toilet Umum.

Dengan kemenangan ini, memperoleh hadiah sebesar Rp35 juta. Pengumuman pemenang ini disampaikan pada malam penganugerahan ADWI Tahun 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Ahad.

Penghargaan yang diterima Andri Warman ini, diserahkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Hariyanto.

Pada sambutannya, Menteri Parekraf, Sandiaga Uno menyampaikan, 75 desa wisata terbaik terpilih dari 4.573 desa. Hal itu diharapkan jadi motivasi untuk pariwisata yang lebih baik.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

"Hari ini, 75 dari yang terbaik mendapatkan anugerah untuk meningkatkan motivasi dalam membuka peluang usaha menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," ujar Sandiaga saat memberikan sambutan.

Sementara, Andri Warman MM mengucapkan rasa syukur atas raihan pada ADWI 2023.

"Alhamdulillah, anugrah ini diraih atas kerja keras seluruh pihak, baik Nagari Lawang, OPD terkait, akademisi, penggiat wisata dan masyarakat," ungkap Andri Warman.

Ia berharap, anugerah ini dapat jadi pemantik bagi daerahnya untuk terus mengembangkan kepariwisataan sebagai program unggulan.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

Desa wisata lainnya di Sumatera Barat yang memeroleh penghargaan di antaranya Desa Wisata Muntei Kabupaten Kepulauan Mentawai (Juara 1 Kategori Daya Tarik Pengunjung). Desa Muntei juga mendapatkan Rekor MURI Seni Rajah Tubuh (Tato) Tertua.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: