Suwirpen jadi Inspektur Upacara HUT ke78 RI di KPID Sumbar, Ini Harapan Robert Cenedy

Jumat, 18 Agustus 2023, 11:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Suwirpen jadi Inspektur Upacara HUT ke78 RI di KPID Sumbar, Ini Harapan Robert Cenedy
Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, Suwirpen Suib menyampaikan amanatnya pada Upacara HUT ke78 RI di halaman kantor KPID Sumbar, Kamis pagi. (humas)

PADANG (17/8/2023) - Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, Suwirpen Suib menyinggung tugas berat KPID jelang Pemilu 2024 sewaktu menyampaikan amanat saat jadi pembina upacara bendera HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di kantor Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar, Kamis.

"Tahun 2023 dan 2024 merupakan tahun politik. KPID sebagai pengawas lembaga penyiaran, sangat berperan penting dalam menjaga netralitas penyiaran seiring banyaknya politisi memiliki bisnis televisi dan radio," terang Suwirpen.

Dia mengatakan, Undang-Undang telah mengatur, penyiaran harus berada pada posisi netral. Tidak boleh memihak pada pihak tertentu.

Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak pebisnis industri televisi masih terkait terhadap unsur politik, baik sebagai pemilik maupun unsur yang memiliki kepentingan dengan para pemilik media elektronik tersebut.

Baca juga: Literasi Media KPID Sumbar, Supardi: Peran Bundo Kanduang Dibutuhkan Atasi Dampak Negatif Siaran

"Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi KPID, nantinya harus tercipta pola pembagian porsi yang sama untuk peserta Pemilu."

"Dengan keberadaan KPID, maka terciptalah penyiaran yang sehat dan Pemilu berintegritas," katanya.

Dia berharap, dalam waktu dekat, KPID mengoptimalkan kinerja dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu yang merupakan momentum pergantian pemimpin Indonesia.

"KPID berkepentingan untuk menyuguhkan penyiaran cerdas dan berimbang di tengah masyarakat, apalagi sebentar lagi pemilihan presiden, legislatif hingga kepada daerah," tambah dia.

Baca juga: Informasi Salah Bertebaran, KPID Sumbar: Pemerintah Butuh Lembaga Penyiaran Publik Lokal

"Untuk itu KPID mesti berkoordinasi dengan unsur terkait, untuk menunjang kinerja," katanya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: