Pemprov Gelar FGD Atasi Persoalan Demo Nagari Air Bangis, Ini Saran DPRD Sumatera Barat

Kamis, 10 Agustus 2023, 16:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pemprov Gelar FGD Atasi Persoalan Demo Nagari Air Bangis, Ini Saran DPRD Sumatera Barat
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib bersama Mahyeldi (gubernur) pada Focus Discussion Group (FGD) di gubernuran Sumbar, Rabu. FGD ini juga dihadiri utusan Komnas Ham. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (9/8/2023) - Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, Suwirpen Suib menegaskan, peta hutan produksi di Kabupaten Pasaman Barat harus diperjelas. Sehingga, jelas mana yang bisa dimanfaatkan mana yang tidak.

Selain itu, Suwirpen mengharapkan, status hutan produksi disosialisasikan secara lebih maksimal pada masyarakat. Karena, jika terlanjur digarap masyarakat, tentunya akan jadi persoalan dikemudian hari.

"Semoga persoalan yang dihadapi masyarakat Nagari Air Bangis khususnya Jorong Pigogah Patibubur, bisa mendapatkan solusi strategis dari unsur pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten," harap Suwirpen usai menghadiri Focus Discussion Group (FGD) bersama Gubernur Sumbar dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas Ham), di Istana Gubernuran, Rabu.

FGD tersebut merupakan upaya mencari solusi untuk persoalan yang dihadapi masyarakat Nagari Air Bangis yang berdemo baru-baru ini di Padang selama berhari-hari.

Baca juga: Suwirpen Suib Ikuti Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke-79, Ingatkan Pentingnya Persatuan

Dikatakan, pendataan hutan produksi juga harus disegerakan sehingga persoalan yang sama tidak terjadi lagi dikemudian hari. "Kita tentunya tidak ingin lagi ada konflik-konflik agraria di tengah masyarakat," tegas politisi Partai Demokrat ini.

FGD ini, menurut Suwirpen, adalah tindaklanjut dari pertemuan pemerintah provinsi dan Polda Sumbar di Kabupaten Pasaman Barat yang kemudian juga dihadiri perwakilan Komnas HAM.

Sebelumnya, pertemuan itu menghasilkan kesepakatan, di antaranya semua stakeholder sepakat bahwa penyelesaian agraria di Air Bangis dilakukan secara dialogis.

WALHI beserta Dinas Kehutanan Sumbar, akan melakukan inventarisasi dan verifikasi data, peta, plotting masyarakat yang berladang dan berkebun dalam Kawasan Hutan Produksi Nagari Air Bangis.

Baca juga: Catatan Fraksi DPRD terhadap Perubahan APBD Sumbar 2024, Wagub: Muaranya untuk Kepentingan Rakyat

Sebelumnya, Anggota DPRD Sumbar daerah pemilihan (Dapil) Pasaman dan Pasaman Barat, Muzli M Nur mendesak gubernur, segera memberikan solusi strategis untuk persoalan yang dihadapi masyarakat Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: