SMK SMTI Padang Raih Apresiasi Terbaik Kinerja, Serapan dan Kemitraan Industri

Rabu, 02 Agustus 2023, 20:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
SMK SMTI Padang Raih Apresiasi Terbaik Kinerja, Serapan dan Kemitraan Industri
Menteri Perindustrian, (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita serahkan penghargaan pada Kepala SMK SMTI Padang, Sylvi dalam acara Rapat Koordinasi Sumber Daya Manusia (SDM) Industri, akhir pekan lalu. (istimewa)

PADANG (2/8/2023) - SMK Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Padang kembali menuai prestasi. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini menerima penghargaan SMK terbaik dari seluruh SMK di bawah Kemenperin dalam hal kinerja, serapan dan mitra industri.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian, (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita pada Kepala SMK SMTI Padang, Sylvi dalam acara Rapat Koordinasi Sumber Daya Manusia (SDM) Industri.

Kegiatan itu dihelat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Berlangsung pada 26-28 Juli 2023 lalu di Surabaya.

Agus Gumiwang membuka secara resmi Rakornas SDM Industri tersebut. Dalam sambutannya, dia menyebut, Indonesia menargetkan menjadi negara industri tangguh dengan struktur yang kuat serta berdaya saing.

"Indonesia menargetkan menjadi negara industri tangguh dengan bercirikan struktur industri nasional yang kuat, berdaya saing global, serta berbasis inovasi dan teknologi," kata Agus Gumiwang.

Dikatakan, sebagai sasaran utama, mewujudkan industri tangguh itu perlu dituangkan ke dalam program kerja, baik dalam jangka menengah maupun panjang.

"Sasaran utama harus dituangkan dalam program kerja, baik jangka menengah maupun panjang," ujarnya.

Menurut Agus Gumiwang, mencapai visi tersebut, pertumbuhan sektor industri pengolahan nonmigas ditargetkan sebesar 6,4% dan kontribusi industri terhadap PDB sebesar 19,2% pada tahun 2025.

"Target-target itu bukan hal yang mudah untuk dicapai, sehingga diperlukan terobosan program dan langkah-langkah kerja yang bisa mengakselerasi pembangunan SDM industri yang produktif, kompeten dan berdaya saing global di era transformasi digital saat ini," paparnya.

Guna mendukung penyediaan SDM industri kompeten, Kemenperin juga telah menyiapkan infrastruktur dan sarana prasarana guna melaksanakan program pengembangan SDM industri melalui 11 Politeknik, 2 Akademi Komunitas, 9 SMK industri, dan 7 Balai Diklat Industri.

Sementara, SMK SMTI Padang sebagai salah satu bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (PSDMI) Kemeperin mendukung program-program nasional. Membuktikan dengan prestasi yang patut dibanggakan.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: