BI dan TNI AL Distribusikan 3 Miliar Uang Rupiah untuk 5 Pulau Kategori 3T di Sumatera Barat

Senin, 24 Juli 2023, 23:23 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
BI dan TNI AL Distribusikan 3 Miliar Uang Rupiah untuk 5 Pulau Kategori 3T di Sumatera...
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Endang Kurnia Saputra bersama jajaran TNI Alm saksikan pengguntingan pita tanda dimulainya eksepedisi Kaskel 3T oleh pejabat Pemprov Sumbar, di Padang, Senin. (veri rikiyanto)

PADANG (24/7/2023) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Endang Kurnia Saputra mengungkapkan, pada tahun 2023 ini, BI dan TNI AL bersepakat untuk memperluas jangkauan layanan kas keliling (Kaskel).

Caranya, dengan merancang program yang lebih terpadu dengan mengusung tema "Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023." Dimana, pada tahun 2023 ini akan dilaksanakan kegiatan Kaskel 3T sebanyak 17 kali di 17 Provinsi dengan target 85 pulau yang dikunjungi.

Hingga Juli 2023 ini, terang Endang Kurnia, Kaskel 3T di Sumatera Barat ini merupakan agenda kesebelas kalinya. Dilaksanakan tanggal 24 hingga 29 Juli 2023 dengan mengunjungi lima pulau terluar yang ada di pesisir barat pantai Sumatera.

"Lima pulau terluar yang akan dikunjungi layanan Kaskel 3T yaitu Pulau Pagai Selatan, Pulau Pagai Utara, Pulau Sipora, Pulau Siberut (Maileppet), Pulau Siberut (Muara Sikalabuan)," ungkap Endang.

Baca juga: Tahun Ajaran Baru jadi Faktor Pemicu Inflasi Sumbar Periode Juli 2023

Kaskel 3T ini, terang dia, menggunakan Kapal Perang KRI Kurau-856. Modal kerja yang dibawa sebesar Rp3 miliar beserta bantuan PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) dengan total untuk 5 pulau sebesar Rp375 juta.

Berdasarkan UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia diberikan amanat dan kewenangan oleh negara untuk melakukan pengelolaan uang Rupiah, yang meliputi perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan serta pemusnahan uang rupiah.

Pengelolaan uang rupiah juga merupakan salah satu tugas Bank Indonesia untuk mendukung tujuan BI, yaitu stabilitas nilai Rupiah.

Sinergi strategis antara TNI AL dan BI tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama antara Bank Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut No: 24/2/PKS/DPU/2022 dan PKS/32/VI/2022 tentang Pendistribusian, Pengamanan, dan Pengawalan Uang Rupiah Antar Kantor Bank Indonesia dan/atau Antar Kantor Bank Indonesia ke Lokasi yang Ditetapkan oleh Bank Indonesia serta Wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Diseminasi Tengah Tahun BI Sumatera Barat: Potensi dan Peluang Ekonomi Hijau

Sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2022, Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut telah melaksanakan 92 kali kegiatan Kas Keliling 3T dengan 480 pulau 3T terkunjungi.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: