Pemkab Bangka Barat Bangun Ekosistem Agribisnis Terintegrasi Bersama Kemenko Perekonomian

Rabu, 19 Juli 2023, 22:00 WIB | Bisnis | Nasional
Pemkab Bangka Barat Bangun Ekosistem Agribisnis Terintegrasi Bersama Kemenko Perekonomian
Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Holtikultura Menko Bidang Perekonomian, Yuli Sri Wilanti bersama Wabup Bangka Barat, Bong Ming Ming dan jajaran, usai penandatangan MoU program kemitraan Closed Loop Agribisnis Holtikultura, Selasa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BANGKA BELITUNG (18/7/2023) -- Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Holtikultura Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Yuli Sri Wilanti mengatakan, program kemitraan Closed Loop Agribisnis Holtikultura di Kabupaten Bangka Barat ini merupakan kolaborasi multi stakeholder.

"Ini merupakan program kemitraan dan proses bisnis dalam membangun ekosistem agribisnis yang terintegrasi dari hulu ke hilir," ungkap Yuli Sri Wilanti di Bansal pascapanen dan pengolahan komoditas Holtikultura KUB Cakra Milenial, Desa Kayu Arang Kecamatan Kelapa Bangka Barat, Selasa.

Dikesempatan itu, sekaligus digelar penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Kabupaten Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung dengan Deputi Pengembangan Agribisnis Holtikultura Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dalam implementasi program kemitraan Closed Loop Agribisnis Holtikultura.

"Nanti, melalui kolaborasi, kan ada pendampingan untuk para petani, karena itu sangat penting. Contohnya ada penyuluh yang melakukan pendampingan dari sisi pupuk, bibit, serta perlindungan tanaman."

"Terus, pendampingan dari sisi perbankan untuk peningkatan skala usaha petani, yang jika nanti berkembang membutuhkan modal," katanya.

Sementara, Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengatakan, program Closed Loop ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara pemerintah daerah dan stakeholder, terkait upaya pengembangan agribisnis holtikultura secara berkelanjutan.

"Mereka hari ini menciptakan pasar, karena yang penting itu pasar yang luas dan harga jualnya jelas. Sehingga, para petani ini akan mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik dari hasil pertaniannya," ujar Bong Ming Ming.

"Ke depan, kita ingin program serupa bakal dapat dikembangkan di berbagai desa lainnya di Bangka Barat. Kami sangat mendukung program ini. Saya minta Pak Azmal (Kepala Dinas Pertanian dan Pangan-Red) untuk terus mendampingi," imbuhnya.

Siap Saling Dukung

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bangka Barat, Azmal AZ, pelaksanaan MoU ini melibatkan berbagai pihak, termasuk perusahaan agribisnis, Asosiasi Petani, Asosiasi Hotel dan Restoran serta Lembaga Keuangan.

"Dalam perjanjian tersebut, stakeholder itu sepakat untuk saling mendukung dalam hal penyediaan modal, transfer teknologi, pelatihan, dan pemasaran produk," terangnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024