Korban Longsor Kelurahan Batang Arau Terima Bantuan Kemensos

Selasa, 18 Juli 2023, 02:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Korban Longsor Kelurahan Batang Arau Terima Bantuan Kemensos
Anggota Komisi I DPRD Padang, Christian Rudy Kurniawan didampingi Lurah Batang Arau, Barma Heri Menyerahkan Bantuan kepada warga yang menjadi korban banjir dan longsor, Ahad. (veri rikiyanto)

PADANG (16/7/2023) - Anggota Komisi I DPRD Padang, Christian Rudy Kurniawan menyerahkan secara simbolis bantuan untuk warga yang jadi korban banjir dan longsor di Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan.

Bantuan berupa matras, selimut, makanan cepat saji tersebut, menurut Rudy, merupakan bantuan dari Kementrian Sosial yang disalurkan melalui pengurus pusat PDIP.

"Saat mendapat informasi terkait banjir dan longsor, kita langsung menghubungi bapak Alex Indra Lukman di Jakarta, yang langsung merespon dengan turunnya bantuan ini," kata Rudy, disela penyerahan bantuan, Ahad.

Sebelumnya, kata Rudy, pihaknya juga telah mendirikan dapur umum di beberapa titik lokasi yang paling parah terdampak banjir dan longsor, sebagai bentuk langkah pertama dalam upaya tanggap darurat.

Baca juga: Wako Bukittinggi Salurkan Bantuan bagi Korban Bencana Alam di Tanjung Raya

Selain itu, ia juga akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk menerjunkan alat berat, guna membantu warga mengevakuasi reruntuhan bangunan, serta membersihkan sisa-sisa material berat yang terbawa banjir dan longsor.

"Kita juga akan mendata rumah-rumah yang mengalami rusak berat, untuk selanjutnya diusulkan guna mendapat bantuan perbaikan," tambahnya.

Sementara, Lurah Batang Arau, Barma Heri menjelaskan, hujan deras yang terjadi Kamis sore hingga Jumat dinihari (13-14 Juli 2023), telah mengakibatkan banjir dan longsor di sebagian besar wilayah Kelurahan Batang Arau.

"Tercatat sekitar 27 Kepala Keluarga yang paling parah terdampak banjir dan longsor, sebagian besar rumahnya rusak berat atau tidak layak huni," kata Barma.

Baca juga: Longsor Tanjung Raya, PLTA Maninjau Pinjamkan Hunian Sementara di Muko-muko

Pada kesempatan ini, Barma juga mengucapkan terima kasih kepada anggota Komisi I DPRD Padang Christian Rudy Kurniawan yang cepat tanggap, merespon kondisi yang terjadi di tengah masyarakat. (vri)

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: