DPRD Sumbar Gelar Bimtek Pemanfaatan dan Peningkatan Aset Daerah, Supardi: Agar Fungsi Pengawasan makin Optimal

Jumat, 14 Juli 2023, 17:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Gelar Bimtek Pemanfaatan dan Peningkatan Aset Daerah, Supardi: Agar Fungsi...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi membuka Bimtek dengan tema "Optimalkan Fungsi Pengawasan DPRD dalam Revitalisasi, Pemanfaatan dan Peningkatan Aset Daerah," di Bukittinggi, 13-14 Juli 2023. (humas)

BUKITINGGI (14/7/2023) - DPRD Sumatera Barat perdalam persoalan pemanfaatan aset daerah melalui bimbingan teknis (Bimtek) dengan tema "Optimalkan Fungsi Pengawasan DPRD dalam Revitalisasi, Pemanfaatan dan Peningkatan Aset Daerah," di Bukittinggi, 13-14 Juli 2023.

Bimtek dengan tujuan peningkatan kapasitas anggota dewan ini, dibuka Ketua DPRD Sumbar, Supardi. Saat membuka kegiatan tersebut, Supardi mengatakan, pemanfaatan aset daerah harus diawasi oleh DPRD.

"Pengawasan ini untuk mengantisipasi terjadinya kesewenang-wenangan dalam melakukan pembaharuan hingga pelaksanaan pengelolaannya," ungkap Supardi.

Foto bersama anggota DPRD Sumbar yang mengikuti Bimtek Pemanfaatan dan Peningkatan Aset Daerah," di Bukittinggi, 13-14 Juli 2023.
Foto bersama anggota DPRD Sumbar yang mengikuti Bimtek Pemanfaatan dan Peningkatan Aset Daerah," di Bukittinggi, 13-14 Juli 2023.

Pengawasan aset penting dilakukan, terang dia, selain menjalankan Undang-Undang namun juga untuk melindungi rakyat dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Dia menjelaskan, aset merupakan kekayaan yang dimiliki oleh pemerintah daerah dan diperoleh atas beban pembiayaan dari APBD.

Tidak hanya dimiliki dengan beban APBD, aset daerah juga bisa diperoleh melalui donasi, wakaf, hibah, swadaya dan kewajiban pihak ketiga.

Suasana anggota DPRD Sumbar saat mengikuti Bimtek Pemanfaatan dan Peningkatan Aset Daerah," di Bukittinggi, 13-14 Juli 2023.
Suasana anggota DPRD Sumbar saat mengikuti Bimtek Pemanfaatan dan Peningkatan Aset Daerah," di Bukittinggi, 13-14 Juli 2023.

Secara umum aset terbagi dua yaitu aset keuangan dan aset nonkeuangan.

Selanjutnya politisi Gerindra ini menjelaskan, dalam pemanfaatan aset ada beberapa jenis. Di antaranya, sewa, pinjam pakai dan kerjasama pemanfaatan (KSP).

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

Tidak hanya itu, pemanfaatan aset juga bisa dilaksanakan Bangun Guna Serah Guna (BSG) maupun Kerjasama Penyediaan Infrastruktur (KPI).

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: