Samakan Persepsi, KPU-Bawaslu Barengan Gelar Bimtek Pilkada Serentak

Senin, 20 April 2015, 19:20 WIB | Wisata | Nasional
Samakan Persepsi, KPU-Bawaslu Barengan Gelar Bimtek Pilkada Serentak
Ketua Bawaslu RI , Muhammad disaksikan Husni Kamil Manik (Ketua KPU RI) memukul gong tanda dimulainya pembukaan bimbingan teknis (Bimtek) Pilkada serentak 2015 di Kota Bukittinggi, Minggu (19/4/2015) malam. (humas KPU RI)

VALORAnews -- Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik mengatakan, persiapan matang diperlukan untuk para penyelenggara (KPU dan Bawaslu-red) pada pilkada serentak, 9 Desember 2015, yang akan digelar 9 provinsi dan 260 kabupaten/kota.

Kesamaan pemahaman kedua lembaga penyelenggara pemilu dari tingkat pusat sampai daerah terhadap regulasi yang jadi aturan main, ungkap Husni, akan jadi titik penting untuk dimengerti bersama.

"Kegiatan ini untuk yang pertama kalinya, dengan menggabungkan bersama penyelenggara dalam bentuk bimbingan teknis. Kami menginginkan, dari diskusi ini tercipta sinergi yang kuat antara penyelenggara pemilu," ungkap Husni, saat pembukaan bimbingan teknis (Bimtek) Pilkada serentak 2015 di Kota Bukittinggi, Minggu (19/4/2015) malam, sebagaimana rilis yang dilansir beberapa saat lalu.

Bimtek ini diikuti 366 peserta. Adapun peserta KPU, berasal dari 9 provinsi dan 83 kabupaten/kota sebanyak 276 orang, sedangkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengundang 90 orang dari 9 provinsi dan 26 kabupaten/kota.

Baca juga: Haul 5 Tahun Husni Kamil Manik: HKM Sukses Wujudkan Pola Kolektif Kolegial Selama Pimpin KPU RI

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Ashidique dan Muhammad (Ketua Bawaslu). Juga hadir Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Hadar Nafis Gumay, Arief Budiman dan Sigit Pamungkas serta Komisioner Bawaslu Nasrullah yang dijadwalkan jadi narasumber bagi peserta.

Diharapkan Husni, para peserta Bimtek dapat serius dalam mengikuti tiap rangkaian acara yang telah dijadwalkan. Para peserta diharapkan bukan hanya mendengar paparan dari para narasumber, namun juga dapat mencatat dengan baik, agar tercipta pemahaman yang sama.

"Sehingga, tidak ada selisih dan pertentangan di tingkat bawah nantinya. Adapun masalah-masalah yang timbul nantinya, dapat diselesaikan di tingkatannya masing-masing," terang Husni.

Sebelumnya, Husni Kamil Manik telah menabuh pelaksanaan tahapan Pilkada, pada Jumat (17/4/2015) yang diawali dengan penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) oleh Kementerian Dalam Negeri. DAK2 ini awal dimulainya babak baru persiapan para penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) untuk menyukseskan gelombang pertama Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang.

Baca juga: Haul Kelima Husni Kamil Manik, 2 Gubernur dan 5 Sahabat Beri Kesaksian

Acara ini merupakan gelombang pertama dari tiga rangkaian acara yang akan diadakan serupa, diselenggarakan selama empat hari kedepan (19-22 April 2015) dengan tema pembahasan regulasi terkait penyelenggaran Pilkada 2015. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: