Untung Santoso Gantikan Yusri jadi Kepala OJK Sumbar

Rabu, 05 Juli 2023, 02:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Untung Santoso Gantikan Yusri jadi Kepala OJK Sumbar
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi bersama Yusri, Untung Santoso dan Plt Deputi Komisioner Sumber Daya Manusia dan Manajemen Strategis OJK, IB Aditya Jayaantara usai serah terima jabatan Kepala OJK Sumbar, di auditorium gubernur Sumbar, Selasa. (humas)

PADANG (4/7/2023) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjuk Untung Santoso sebagai Kepala OJK Sumbar. Untung menggantikan pejabat sebelumnya, Yusri yang memasuki masa purnabakti. Serah terima jabatan Kepala OJK Sumbar ini, digelar di auditorium gubernur Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyampaikan, keberadaan OJK di daerah tidak hanya bertugas melakukan pengawasan terhadap industri jasa keuangan, tetapi juga harus mampu berkontribusi untuk menggerakkan roda perekonomian daerah.

"Keberadaan kantor OJK di daerah juga harus bisa berperan nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuka akses keuangan, melakukan edukasi bagi berbagai lapisan masyarakat serta melindungi kepentingan masyarakat dari berbagai produk investasi/keuangan ilegal yang berpotensi merugikan," ungkap Mahyeldi.

Hadir dalam serah terima jabatan ini, Deputi Komisioner Sistem Informasi dan Keuangan selaku Plt Deputi Komisioner Sumber Daya Manusia dan Manajemen Strategis OJK, IB Aditya Jayaantara serta pimpinan OPD di Pemprov Sumbar.

Baca juga: Dinilai Peduli pada Serikat Pekerja, Mahyeldi dan Eri Zulfian Raih KSPSI Award 2024

Juga hadir, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, pimpinan TNI/Polri, pimpinan Industri Jasa Keuangan di wilayah Sumatera Barat dan undangan lainnya.

Kantor OJK Sumatera Barat, telah melakukan banyak upaya untuk mendorong pertumbuhan perekonomian daerah melalui peningkatan akses keuangan masyarakat.

Antara lain, dengan menginisiasi beberapa program strategis dalam menyediakan pembiayaan dan pendampingan bagi masyarakat dan UMKM melalui program-program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Kemudian, berperan aktif dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan mencegah masyarakat terlibat dalam investasi ilegal dan berharap kerja sama antara OJK dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dapat lebih ditingkatkan lagi di masa depan.

Baca juga: Dinas Pariwisata Latih Pengelola Desa Wisata Sumbar, Ini Arahan Mahyeldi

Kantor OJK Sumatera Barat juga terus mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, termasuk pada saat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 lalu, serta memperkuat koordinasi dengan para stakeholders dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: