Gokil! Modal Rp500 Ribu Sudah bisa Buka Usaha Ayam Petelur di Desa, Ini Caranya

Senin, 03 Juli 2023, 17:17 WIB | Bisnis | Nasional
Gokil! Modal Rp500 Ribu Sudah bisa Buka Usaha Ayam Petelur di Desa, Ini Caranya
Ilustrasi ide usaha ayam petelur di desa modal Rp1 juta. (Foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

2. Memilih dan Merawat Induk Ayam Petelur

Untuk mendapatkan hasil panen yang terbaik, pastinya kamu harus mampu memilih induk atau bibit ayam yang terbaik pula. Kamu harus bisa memilih indukan yang berkualitas untuk awal beternak.

Sarannya kamu bisa membeli ayam dewasa yang sudah bagus kualitasnya ya. Salah satu ciri-cirinya adalah tidak ada kecacatan pada tubuh bibit atau induk ayam tersebut, dan berat badan yang normal.

Biasanya ayam petelur ras putih normal memiliki bobot 1,7kg, dan ras coklat bobot 2,1kg. Lalu untuk harga dari ayam petelur tersebut perekornya bisa mencapai Rp40 ribu hingga Rp50 saja.

Jika kamu mau yang lebih murah lagi bisa beli bibit yang masih anak-anak dengan harga Rp15 ribu per ekor. Sementara untuk jumlah bibit yang dibutuhkan, bisa disesuaikan dengan budget yang kamu punya.

3. Pastikan Rawat Ayam

Setelah kamu memiliki bibit atau induk ayam yang bagus, pastikan kamu merawatnya dengan cara membersihkan kandangnya setiap hari. Lalu memberikan makan ayam dengan cara yang teratur.

Karena jika hal itu tidak kamu lakukan, maka bisa menjadi pemicu ayam mati atau menjadi stress. Sehingga kunci dari kesuksesan dalam beternak ayam petelur adalah fokus maksimal merawatnya.

Kamu harus pastikan juga memberikan pakan yang berkualitas pada ayam ternak ini. Karena ini akan membantu kamu untuk menghasilkan telur ayam yang kualitas harganya tinggi.

Selain itu juga akan membantu pertumbuhan ayam, dan mendongkrak hasil telurnya nanti. Makan yang baik akan membuat ayam terhindar dari stress, dan jauh dari penyakit.

Kamu bisa berikan makan ayam dengan jagung bungkil, kedelai, dan dadak padi. Pada umumnya pakannya ini bisa sampai seharga Rp10 ribu per kilo.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: