Komisi V DPRD Sumbar Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Rao Selatan

Selasa, 20 Juni 2023, 20:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman
Komisi V DPRD Sumbar Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Rao Selatan
Sekretaris Komisi IV DPRD Sumatera Barat, Suharjono bersama tim BPBD dan PSDA Sumbar, salurkan bantuan bagi koban banjir bandang di Jorong Beringin, Nagari Lansek, Kecamatan Rao Selatan. (humas)

PASAMAN (20/6/2023) - Sekretaris Komisi IV DPRD Sumatera Barat, Suharjono gandeng Dinas PSDA dan BPBD Sumbar, salurkan bantuan bagi korban banjir bandang yang melanda Jorong Beringin, Nagari Lansek, Kecamatan Rao Selatan.

"Ini keadaan darurat, kita hanya bisa memberikan bantuan sebatas kemampuan. Kita berharap, Pemerintah Provinsi dapat memberikan bantuan yang lebih untuk masyarakat terdampak banjir bandang ini," harap Suharjono disela-sela penyerahan bantuan, Selasa.

Disebutkan, lebih dari 10 hektar area perkebunan masyarakat, dilanda banjir bandang akibat meluapnya Batang Beringin di Kampung Beringin tersebut.

Selain itu, tiga rumah warga juga hanyut terbawa arus sungai. Diperlukan penanganan jangka panjang untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Beringin. .

Baca juga: PLN Bantu Rp75 Juta, Warga Ikut Berpartisipasi, Hasilnya Jalan Usaha Tani Sepanjang 300 Meter

"Banjir ini sudah terjadi beberapa kali, sehingga diperlukan tindakan jangka panjang agar kerugian setiap tahun dapat dicegah," katanya.

Sebelumnya, Bupati Pasaman, Benny Utama, meminta warganya untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini di Indonesia, termasuk di Kabupaten Pasaman.

Ia juga mengingatkan, bahwa wilayah tersebut merupakan daerah yang rentan terhadap bencana alam, terutama banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

"Masyarakat tidak perlu takut, yang perlu diperhatikan adalah tidak mendiami daerah aliran sungai atau di sepanjang tepian sungai serta di daerah-daerah pinggir tebing. Tetap waspada," pintanya. (*)

Baca juga: UMKM jadi Pondasi Pertumbuhan Ekonomi, Nevi Zuairina: Selesaikan Tantangan dengan Kerjasama

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: