DPT Pemilu 2024 Sumatera Barat Ditetapkan 4.088.606 Orang, Medo: Kegandaan Nol

Selasa, 27 Juni 2023, 17:39 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPT Pemilu 2024 Sumatera Barat Ditetapkan 4.088.606 Orang, Medo: Kegandaan Nol
Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen memimpin rapat pleno terbuka penetapan rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024, di Padang, Selasa pagi. (mangindo kayo)

PADANG (27/6/2023) - Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen menegaskan, akurasi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 akan berimbas langsung dengan ketersediaan logistik.

"Semakin tinggi akurasi DPT (semua penduduk punya hak pilih masuk DPT-red), kemungkinan terjadinya persoalan di tempat pemungutan suara (TPS) makin kecil," tegas Surya Efitrimen saat membuka rapat pleno terbuka penetapan rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024, di Padang, Selasa pagi.

Dalam pleno terbuka yang diikuti perwakilan partai politik tingkat provinsi, KPU kabupaten/kota serta Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota itu, KPU Sumbar menetapkan jumlah DPT pada Pemilu 2024 sebanyak 4.088.606 orang.

Pemilih ini tersebar dalam 17.569 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam 1.265 kelurahan/nagari dan desa pada 179 Kecamatan di 19 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Baca juga: Pilkada Bermartabat, Berarti untuk Negeri jadi Tagline Pemilihan Serentak 2024 Tingkat Sumatera Barat

Sementara, Ketua Divisi Data KPU Sumbar, Medo Patria menambahkan, DPT Pemilu 2024 tingkat Sumatera Barat ini, sudah tak ada lagi kegandaannya.

"Hasil verifikasi KPU RI bersama KPU Sumbar dan kabupaten/kota, DPT Pemilu 2024 ini sudah nol kegandaannya," ungkap Medo.

Sedangkan informasi yang disajikan dalam DPT, ungkapnya, terdiri dari nama kabupaten/kota, jumlah kecamatan, jumlah kelurahan (desa) dan jumlah TPS.

Kemudian, jumlah pemilih aktif, jumlah pemilih baru, jumlah pemilih tidak memenuhi syarat, jumlah perbaikan data pemilih dan jumlah pemilih potensial non KTP elektronik.

Baca juga: Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Tingkat Sumbar Disiarkan Live di Kanal Youtube, Ini Linknya

Ketua Bawaslu Sumbar, Alni berharap, Rapat Pleno Terbuka KPU Sumbar ini memenuhi syarat legal formil sehingga menghasilkan keputusan yang legitimate.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: