PIK-R Bukit Gado Gado Wakili Kota Padang di Tingkat Provinsi

Senin, 26 Juni 2023, 18:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
PIK-R Bukit Gado Gado Wakili Kota Padang di Tingkat Provinsi
Ketua Tim Juri, Lismomon foto bersama Tim DP3AP2KB Padang, Lurah Bukit Gado-Gado, Pengurus dan anggota PIK-R BGG, usai penilaian Nominasi Lomba Apresiasi PIK-R dan BKR Percontohan tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023, Ahad. (istimewa)

PADANG (25/6/2023) - Pusat Informasi dan Konseling Remaja Kampung KB Pesona Indah Bukit Gado-Gado (PIK-R BGG), akan mewakili Kota Padang pada Nominasi Lomba Apresiasi PIK-R dan BKR Percontohan tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023.

Pada kegiatan yang digelar oleh BKKBN Provinsi Sumatera Barat ini, PIK-R BGG akan bersaing dengan 7 PIK-R lainnya yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Ketua Tim Penilai lomba, Lismomon Nata mengatakan, ada faktor penting yang akan menjadi penilaian pada lomba ini.

Yang pertama yakni kelengkapan administrasi, yakni berupa SK pembentukan dan struktur organisasi, bukti pencatatan dan pelaporan kegiatan ke New Siga, dokumentasi kegiatan berupa foto dan video yang diunggah ke media sosial, video profile dan testimoni dari sasaran.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Kedua adalah berkelanjutan, serta yang ketiga aspek inovasi dan kebermanfaatan tidak hanya bagi PIK R, namun dapat juga secara luas menyentuh pada masyarakat.

Sehingga, keberadaan mereka dapat menjadi wadah, sarana untuk mewujudkan generasi remaja yang berencana, terhindar dari triad KRR (resiko terhadap Narkotika dan NAPZA, HIV/AIDS dan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

"Saya mengapresiasi PIK-R BGG, karena organisasi ini berdiri dan tumbuh dari keinginan kaum remaja itu sendiri untuk maju," kata Lismomon yang juga Ketua Pokja Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Sumatera Barat itu, Ahad.

Menurut pria yang akrab dipanggil Momon, hal ini merupakan suatu nilai tambah dari keberadaan PIK-R BGG, karena saat ini pemerintah memang menginginkan lahirnya program dan inovasi yang berasal dari masyarakat atau istilahnya "Bottom Up," bukan hanya menunggu pemerintah atau "Top Down."

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Wakil Ketua PIK-R BGG, Tri Sugesti Putra mengungkapkan, keberadaan PIK-R BGG bermula dari kelompok remaja masjid yang mulai aktif pada tahun 2017, kemudian berubah jadi PIK-R di akhir tahun 2019.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: