Indonesia Serahkan 1,58 Juta Vaksin Pentavalen untuk Nigeria

Jumat, 23 Juni 2023, 19:00 WIB | News | Internasional
Indonesia Serahkan 1,58 Juta Vaksin Pentavalen untuk Nigeria
Dubes RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap didampingi Direktur Pengembangan Usaha Bio Farma, Yuliana Indriati, perlihatkan dokumen serah terima donasi vaksin pentavalent yang diterima Executive Director NPHCDA Nigeria, Faisal Shuaib. (istimewa)

Dalam sambutannya, Direktur Pengembangan Bisnis Bio Farma, Yuliana Indriati, menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari Bio Farma adalah untuk memperkuat kolaborasi dengan Nigeria untuk mengembangkan kemandirian produksi vaksin di Nigeria.

"Nigeria dan Indonesia memiliki hubungan yang erat, terutama Bio Farma, Produsen Vaksin Indonesia, telah menjadi mitra yang dapat diandalkan untuk Nigeria," terang dia.

"Selama bertahun-tahun, Bio Farma telah mengirimkan jutaan dosis vaksin ke Nigeria, terutama Vaksin Polio melalui UNICEF, kolaborasi ini telah menghasilkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan warga Nigeria," tambah Yuliana.

"Bio Farma, bercita-cita untuk memulai kolaborasi jangka panjang dengan Nigeria dalam produksi vaksin. Tujuan kami adalah untuk mendukung Nigeria mengembangkan kapasitas produksi vaksinnya sendiri," ungkap dia.

"Sehingga, memungkinkan negara ini jadi mandiri dalam pembuatan vaksin melalui inisiatif kolaboratif untuk memastikan bahwa Nigeria siap untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan warganya dan berkontribusi pada upaya global dalam memerangi penyakit menular," tambahnya.

Executive Director NPHCDA, Faisal Shuaib, memuji pemerintah Indonesia atas sikap tersebut dan memastikan bahwa Nigeria akan mendistribusikan vaksin petavalen tersebut dengan bijaksana untuk meningkatkan sistem pelayanan kesehatan di negara tersebut.

"Nigeria sangat menghargai dampak positif dari kemitraan yang kuat dan berkelanjutan antara Nigeria dan Indonesia yang ditopang oleh rasa saling menghormati yang ada di antara kedua negara," ungkap Faisal Shuaib.

Faisal Shuaib menyampaikan, donasi ini sangat penting, mengingat pentingnya imunisasi sebagai senjata yang paling efektif dalam memerangi penyakit, terutama penyakit yang menyerang anak usia dini.

"Vaksin yang kami terima lebih dari sekadar botol obat. Vaksin tersebut mewakili harapan, perlindungan, dan janji masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak kami."

" Melalui donasi ini, Nigeria melengkapi keampuhan sistem perlindungan program vaksinasi yang dapat menyelamatkan nyawa bayi dan anak."

"Sangat penting bagi kami, dalam memaksimalkan dampak baik dari vaksin yang disumbangkan ini dengan memastikan distribusi yang merata dan aksesibilitas ke semua segmen masyarakat kami," jelasnya.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: