Pertemuan Kemitraan Atasi Kasus ATM, Ini Arahan Sekda Mentawai

Kamis, 22 Juni 2023, 22:37 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Pertemuan Kemitraan Atasi Kasus ATM, Ini Arahan Sekda Mentawai
Sekda Mentawai, Martinus Dahlan didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Desti Seminora dan narasumber, Dr Ferdinan J Latihan (Kemenkes) dan Yasril (Adinkes Sumbar) pada pertemuan Kemitraan dan Peran Lintas Sektor Terkait Pencegahan dan Pengendalian ATM di aula

MENTAWAI (22/6/2023) - Sekda Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan mengatakan, penanggulangan AIDS/HIV, Tuberculosis dan Malaria (ATM) di Mentawai, tidak hanya jadi tugas pemerintah.

"Penanggulangan kasus ATM ini juga tugas lintas sektor seperti PKK, pihak perbankan, Palang Merah dan lainnya," ungkap Martinus Dahlan saat membuka Pertemuan Kemitraan dan Peran Lintas Sektor Terkait Pencegahan dan Pengendalian ATM di aula kantor Bappeda, Kamis.

Dijelaskan Martinus, setiap elemen harus mengambil peran dalam penanggulangan ATM.

"Mari kita berkomitmen, bersinergi bersama dalam memberantas ATM ini," ajak Martinus.

Baca juga: Penanggulangan Total TBC, Bio Farma Jalin Kerjasama dengan Sinopharm

Menurut Martinus, walaupun tingkat penyebaran kasus ATM ini terbilang rendah di Mentawai, namun harus tetap waspada dengan tamu atau orang yang datang dari luar. Seperti, turis-turis yang datang dan masuk ke Mentawai.

Diketahui, terdapat tiga penyakit yang hingga kini masih jadi endemi yaitu tuberkulosis (TBC), HIV/AIDS dan Malaria.

Berdasarkan Global TB Report WHO 2021, Indonesia merupakan negara dengan beban Tuberkulosis (TBC) tertinggi kedua di dunia. Diestimasikan terdapat 824.000 kasus TBC baru setiap tahunnya dengan angka kematian mencapai 93.000 kasus atau setara dengan 11 kematian/jam.

Penyakit TBC ini merupakan satu dari 10 penyebab utama kematian dunia dan Indonesia adalah negara dengan beban TBC peringkat ke-3 tertinggi setelah India dan China.

Baca juga: Read Aloud jadi Cara Dinas Perpustakaan Padang Berkontribusi Atasi TBC

Untuk kasus HIV/AIDS masih jadi epidemi di Indonesia, dengan prevalensi 0,26% dan infeksi baru HIV tahun 2020 sebanyak 29.600.

Halaman:

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: