Kontingen Agam Borong Dua Trophy di HUT I Bundo Kanduang DKI Jakarta

Sabtu, 17 Juni 2023, 19:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Kontingen Agam Borong Dua Trophy di HUT I Bundo Kanduang DKI Jakarta
Bupati Agam, Andri Warman bersama Ketua Bundo Kanduang Agam, Rosmiati dan jajaran pengurus lainnya, saat ikut memeriahkan HUT I Bundo Kanduang DKI Jakarta, Selasa (13/6/2023) lalu. (humas)

JAKARTA (15/6/2023) - Lembaga Bundo Kanduang Kabupaten Agam boyong dua trofi pada HUT I Bundo Kanduang DKI Jakarta. Memeriahkan Harlah tersebut, sebanyak 15 pengurus lembaga kaum ibu Minang ini diboyong ke Jakarta pada Selasa (13/6/2023).

"Selain menghadiri HUT Bundo Kanduang DKI Jakarta, pada acara itu juga diadakan berbagai perlombaan seperti lomba Himne Bundo Kanduang dan Baju Kuruang Basiba," ungkap Ketua Bundo Kanduang Agam, Rosmiati di Lubukbasung, Kamis.

Pada perlombaan tersebut, lanjutnya, Bundo Kanduang Kabupaten Agam sukses menyabet dua kategori juara.

Bundo Kanduang Agam meraih juara pertama menyanyikan Himne Bundo Kanduang dan juara dua lomba Baju Kuruang Basiba.

Baca juga: Literasi Media KPID Sumbar, Supardi: Peran Bundo Kanduang Dibutuhkan Atasi Dampak Negatif Siaran

"Dari lembaga Bundo Kanduang se Indonesia yang ikut, Agam raih juara pertama untuk Himne dan juara dua untuk Baju Kuruang Basiba," sebut Bundo Rosmiati.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman yang turut hadir pada peringatan Harlah itu mengaku bangga atas prestasi yang diraih Bundo Rosmiati dan kawan-kawan. Dia memuji kekompakkan para bundo Agam.

"Masyarakat Agam pasti bangga dengan prestasi bundo-bundo ini. Saya sangat apresiasi, para bundo sangat kompak dan bersemangat sehingga prestasi bisa dibawa ke kampung halaman," tuturnya.

Disampaikan, membangun sektor adat istiadat merupakan salah satu program unggulan kepemimpinannya. Sejumlah MoU di bidang adat istiadat telah banyak disepakati.

Baca juga: Dinsos Padang Luncurkan SLRT Bundo Kanduang, Ini Tujuannya

"Agam punya Maestro Adat Istiadat yang dikenal luas yakni Angku Yus Dt Parpatiah, yang hari ini kami bawa ke DKI Jakarta, untuk memberikan pemahaman adat istiadat ke para Bundo Kanduang," katanya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: