DPRD Sumbar Sahkan Dua Perda Inisiatif di Masa Sidang III Tahun 2023

Rabu, 17 Mei 2023, 21:59 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Sahkan Dua Perda Inisiatif di Masa Sidang III Tahun 2023
Ketua DPRD Sumbar, Supardi memimpin sidang paripurna dengan agenda Ranperda Tata Kelola Komoditas Unggulan Perkebunan dan Ranperda Penanggulangan Bencana, Rabu. (humas)

PADANG (17/5/2023) - DPRD Sumatera Barat setujui Ranperda tentang Tata Kelola Komoditas Unggulan Perkebunan dan Ranperda Penanggulangan Bencana jadi Perda pada sidang paripurna di masa sidang ketiga (April-Agustus) tahun 2023, Rabu.

"Kedua Ranperda yang ditetapkan jadi Perda ini, merupakan usulan prakarsa (inisiatif) DPRD Sumbar," ungkap Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat memimpin sidang paripurna.

Bersama Supardi, ikut mendampingi, wakil ketua Irsyad Safar, Suwirpen Suib, Sekwan Raflis serta Wagub Sumbar, Audy Joinaldy dan anggota dewan lainnya.

Dikesempatan itu, Supardi memberikan apresiasi pada Komisi II dan IV DPRD Sumbar, yang telah mengakomidir masukan dan saran dari Kemendagri terkait kedua Ranperda tersebut.

Baca juga: Open House Ketua DPRD Sumbar, Kuliner Khas Minang jadi Favorit

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi pada Komisi II dan IV, yang telah sungguh-sungguh melaksanakan tugasnya sehingga kedua Ranperda tersebut dapat kita tetapkan hari ini," kata Supardi.

Ranperda tentang Tata Kelola Komoditas Unggulan Perkebunan, kata Supardi, diusulkan mengingat wilayah Sumbar memiliki kesuburan lahan serta limpahan potensi sumber daya alam yang menjadi faktor penting tumbuhnya berbagai macam tanaman termasuk komoditas perkebunan bernilai ekonomis tinggi secara melimpah.

"Subsektor perkebunan mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan Sumbar, karena memberikan kontribusi cukup besar bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumbar," jelas Supardi.

Ranperda tentang Penanggulangan Bencana, lanjut Supardi, juga merupakan usul prakarsa DPRD Sumbar. Karena mengingat wilayah Sumbar secara geografis termasuk daerah rawan bencana alam dan segala kemungkinan bencana non alam.

Baca juga: Monitoring Jelang Idul Fitri 2024 di Pessel, Raflis: Banyak Perantau Pulang Bawa Bantuan untuk Korban Banjir

"Sudah selayaknya, pemerintah daerah menyiapkan langkah antisipatif yang sudah menjadi kebutuhan," ungkapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: