Relawan Santri Dukung Ganjar Sumbar Gelar Pelatihan Tanggap Bencana di Bungus Barat

Selasa, 09 Mei 2023, 19:16 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Relawan Santri Dukung Ganjar Sumbar Gelar Pelatihan Tanggap Bencana di Bungus Barat
Instruktur pelatihan bencana, melatih para santri Ponpes Nurul Yaqin Al-Huffaz tenang tanggap bencana yang diinisiasi Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sumatera Barat yang digelar di Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk, Selasa. (istimewa)

PADANG (9/5/2023) -- Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Yaqin Al-Huffaz ikuti penyuluhan dan pelatihan tanggap bencana yang diinisiasi Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sumatera Barat.

Pelatihan yang diikuti ratusan santri dan pengurus ponpes di Kota Padang itu, digelar di Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk, Selasa.

"Kami di SDG melakukan pelatihan, dimana kita memberikan pembekalan-pembekalan kepada para santri agar mereka tanggap bencana," kata Koordinator Wilayah SDG Sumbar, Fikri Haldi usai pelatihan.

Adapun materi, dimulai dengan pengenalan potensi bencana, baik di Sumatera Barat maupun di Kota Padang, pemahaman langkah-langkah yang harus diambil saat bencana terjadi, termasuk mitigasi untuk meminimalisir kerugian yang dapat terjadi saat bencana.

Baca juga: 16 Warga Tanjung Mutiara Ikuti Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue, Ini Arahan Sekda Agam

"Ada dua pemateri yang memberikan pelatihan kepada santriwan dan santriwati. Mereka sudah profesional di bidangnya," sebutnya.

Diharapkan, lewat pelatihan ini para santri bisa memiliki sikap yang tanggap terhadap peranan masing-masing yang harus dilakukan saat bencana alam terjadi.

Fikri menjelaskan, alasan relawan SDG mengadakan kegiatan ini adalah karena wilayah Sumatera Barat, khususnya Padang merupakan salah satu daerah yang dikenal rawan akan bencana alam.

"Seperti daerah pesantren ini sendiri, berada di daerah perbukitan yang ada kemungkinan-kemungkinan akan terjadinya longsor," ujar Fikri.

Baca juga: WRSE Payakumbuh Dibekali Keterampilan Membuat Kue, Supardi; Semangat, Skill dan Inovasi jadi Kunci Sukses

Dalam kunjungannya ke Ponpes Nurul Yaqin Al-Huffaz, relawan SDG juga turut memberikan bantuan pengeras suara pada pihak Ponpes.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: