Vaksin Produk Bio Farma Kembali Kantongi EUA BPOM: IndoVac Siap digunakan jadi Booster bagi Penerima Vaksin Primer Pfizer

Selasa, 02 Mei 2023, 18:14 WIB | Bisnis | Nasional
Vaksin Produk Bio Farma Kembali Kantongi EUA BPOM: IndoVac Siap digunakan jadi Booster...
Ilustrasi.

Vaksin IndoVac sebagai dosis booster heterolog terhadap vaksin Primer (Sinovac, AztraZeneca dan Pfizer-red), dapat meningkatkan titer antibodi dan titer netralisasi terhadap varian Omicron.

Terdapat peningkatan titer antibodi signifikan setelah dosis booster dibandingkan baseline," ungkap dia.

"Berdasarkan data uji klinis booster IndoVac, dapat disimpulkan bahwa vaksin IndoVac memiliki profil imunogenisitas dan keamanan yang baik sebagai dosis booster peserta yang sebelumnya menerima dosis primer vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Pfizer," tambahnya.

Baca juga: Expo HUT ke 43 Dekrana: Bio Farma ajak Warga Medan untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

Pandemi covid 19 masih belum berakhir, berdasarkan data dari situs covid19.go.id, per 1 Mei 2023 masih terdapat kasus aktif covid 19 sebanyak 13.880.

Masyarakat masih harus tetap waspada dengan menjaga prokes dan vaksinasi, khususnya vaksin booster yang berdasarkan data Kementerian Kesehatan masih relatif banyak warga belum vaksinasi booster.

Bio Farma juga terus mendukung upaya pemerintah dalam memperkuat infrastruktur kesehatan, salah satunya melalui program vaksinasi booster produksi dalam negeri, yaitu IndoVac.

IndoVac merupakan Vaksin COVID-19 berbasis teknologi subunit rekombinan protein yang digunakan sebagai imunisasi aktif terhadap COVID-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

IndoVac juga telah memperoleh fatwa halal dan MUI dan sertifikat halal dari BPJPH, Kementerian Agama dan merupakan produk dalam negeri hasil karya anak bangsa dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 89,84%. (vri)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: