Harmonisasi Minangkabau dan Menhan Terjalin, Supardi: Peluang Untuk Optimalkan Pembangunan

Sabtu, 29 April 2023, 18:03 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Harmonisasi Minangkabau dan Menhan Terjalin, Supardi: Peluang Untuk Optimalkan Pembangunan
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto didampingi Eka Putra (Bupati Tanah Datar), Supardi (Ketua DPRD Sumbar) serta Dipertuan Raja Alam Pagaruyung, Sultan Muhammad Farid Thaib Tuanku Abdul Fatah, pada batagak gala adat Afriansyah Noor Datuak Rajo Basa di

PADANG (29/4/2023) - Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi tak menampik, masyarakat Sumbar memiliki pengaruh dalam perjalanan politik Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto.

"Dalam beberapa periode pemilihan presiden, Prabowo selalu menang telak di Ranah Minang. Ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk optimalisasi pembangunan daerah," ungkap Supardi usai mendampingi Menhan dalam agenda kunjungan kerja ke Sumbar, Sabtu.

Dia mengatakan, sebagai seorang bangsawan Menhan tumbuh dan berkembang dengan pengaruh-pengaruh tokoh pejuang Minang, seperti Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Mohammad Natsir, Tan Malaka hingga Mohammad Yamin.

"Jadi Menhan sangat familiar dengan Sumbar, perjalan ini sama seperti pulang kampung pasca lebaran oleh nya," katanya.

Baca juga: Open House Ketua DPRD Sumbar, Kuliner Khas Minang jadi Favorit

Selain Kunjungan Kerja, Prabowo ke Sumbar juga menghadiri pengukuhan Gelar AdatWakil Menaker, Afriansyah Noor sebagaiDatuak Rajo Basa di Istana Pagaruyung Batusangkar.

Terkait pengukuhan adat Wamenaker, Supardi mengucapkan selamat atas gelar adat yang dikukuhkan.

Hal tersebut membuktikan bahwa Wamenaker merupakan putra asli Kabupaten Tanah Datar.

Supardi mengatakan simbol datuk merupakan bentukpenghargaan sebagai pemimpin di Ranah Minang terutama dalam kaum masyarakat tersebut.

Baca juga: 'Virus FOMO' mulai Menjangkiti, Supardi: Payakumbuh Mesti Segera Temukan Jati Diri dan Berkolaborasi

"Semoga dengan dinobatkannya gelar Datuk Rajo Basa Afriansyah Noor mampu memberikan suri teladan bagi anak kemenakan, amanah dan menambah kesuksesan kewibawaan dalam memajukan pembangunan bangsa dan negara kedepannya," harapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: