Sosialisasi Perda No 4 Tahun 2021, Ini Aspirasi Nelayan Air Bangis ke Syamsul Bahri

Sabtu, 15 April 2023, 18:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Sosialisasi Perda No 4 Tahun 2021, Ini Aspirasi Nelayan Air Bangis ke Syamsul Bahri
Anggota Fraksi PDIP DPRD Sumbar, Syamsul Bahri saat melakukan sosialisasi pada nelayan Air Bangis, Kecamatan Pasaman Barat, Jumat. (humas)

PASAMAN BARAT (14/4/2023) - Anggota Fraksi PDIP DPRD Sumbar, Syamsul Bahri nelayan Sumatera Barat secara hukum telah dipayungi Peraturan Daerah (Perda) No 4 Tahun 2021 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan.

"Perda tersebut sudah ada sejak tahun 2021, namun tidak semua mengetahuinya. Tugas wakil rakyat yang duduk di DPRD Sumatera Barat, untuk melakukan sosialisai pada masyarakat sehingga dapat diketahui secara luas, khususnya masyarakat nelayan," ungkap Syamsul Bahri saat melakukan sosialisasi pada nelayan Air Bangis, Kecamatan Pasaman Barat, Jumat.

Selain dihadiri para nelayan, juga hadir Wali Nagari Air Bangis, Nervia Warman dan tokoh masyarakat serta tokoh agama setempat.

Dalam pertemuan sosialisasi, masyarakat nelayan berharap pemerintah hadir melindungi mereka, di antaranya memberi proteksi dengan ansuransi nelayan, agar mereka tenang melaut.

Baca juga: Warga Pasbar Harapkan Syamsul Bahri Perjuangkan Lahirnya Pergub Harga TBS

"Kami berharap pemerintah hadir untuk melakukan proteksi atau perlindungan pada nelayan, di antaranya dengan memberikan ansuransi," pinta Nervia Warman pada Syamsul Bahri yang saat ini berada di komisi II DPRD Sumbar.

"Sehingga, ketika merek melaut merasa nyaman dan tidak ragu lagi, karena sudah mendapatkan perlindungan jika terjadi apa-apa," tambah dia.

Selain itu, melalui aspirasi perwakilan masyarakat khususnya nelayan di kawasan Nagari Air Bangis, mereka berharap pada pemerintah dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, khususnya Fraksi PDI-P untuk bisa memperjuangkan safety rompi pelampung.

Gunanya, meminimalisir terjadinya hal-hal mengacam keselamatan nelayan yang sedang melaut.

Baca juga: Warga Luhak Nan Duo Keluhkan Infrastruktur Jalan, Akses Pendidikan dan Kesehatan ke Syamsul Bahri

"Mengingat dan menimbang cuaca ekstrem yang melanda dikawasan Perairan Samudera Hindia, dengan demikian kita perlu kewaspadaan dan mengoptimalkan kembali radio pantai serta pertolongan cepat tanggap dari pihak yang berwenang, juga bantuan safety berupa rompi pelampung," harap nelayan pada Syamsul Bahri.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: