KIPP Sumbar Minta Timsel Hasilkan Calon Komisioner KPU Berkualitas

Minggu, 09 April 2023, 15:41 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
KIPP Sumbar Minta Timsel Hasilkan Calon Komisioner KPU Berkualitas
Ketua KIPP Sumbar, Febricki Syaputra.

PADANG (8/4/2023) - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sumbar berharap, Tim Seleksi (Timsel) calon komisioner KPU 15 kabupaten kota se-Sumbar, dapat memilih calon yang bisa memastikan Pemilu 2024 berjalan secara adil dan demokratis.

"Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat. Maka, untuk menggelar pemilu yang berkualitas, sangat diperlukan komisioner yang berkualitas," ungkap Ketua KIPP Sumbar, Febricki Syaputra dalam pernyataan tertulis yang diterima, Ahad.

Pernyataan ini disampaikan KIPP Sumbar, seiring telah diumumkannya 20 nama yang berhak mengikuti tahap Tes Kesehatan dan Wawancara pada Sabtu (8/4/2023).

Pemilu berintegritas, menurut Ricki, akan terwujud dari tangan-tangan komisioner yang memiliki integritas. Terutama, saat proses tahapan pemilu yang sedang berjalan saat ini.

"Secara global, indeks persepsi pemilu berintegritas Indonesia masih berada di level moderat. Mengutip istilah Ketua KPU RI Hasyim Asyari yang menyebut salah satu kriteria Pemilu Berkualitas dengan Predictable Procedure, But Unpredictable Result," ulas Ricki.

"Jika dibawakan ke ajang seleksi oleh Timsel saat ini, maka prosesnya boleh saja diprediksi, tapi kandidat terpilihnya tidak boleh mudah ditebak," tambah Ricki.

Menurutnya, masyarakat tentu berharap Pemilu 2024 dipercayakan kepada calon Anggota KPU Kabupaten/Kota yang terikat dengan sumpah janji jabatan dan berpedoman pada kode etik.

"Sebagai pemantau, KIPP Sumbar percaya Timsel KPU akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Semoga calon terpilih hasil seleksi adalah kandidat terbaik dari yang terbaik," harapnya.

Ricki juga mengajak segenap pihak untuk mendukung kinerja Timsel dan berpartisipasi memberikan tanggapan terhadap para kandidat.

"Jagoan yang kalah, harus menerima dan mengakui kekalahannya dengan legowo. Sementara, pihak yang menang harus merangkul semua pihak agar bersama-sama menyukseskan Pemilu yang akan datang," tutupnya. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: