Liputan Khusus: Masuk 12 Besar Nasional, Tim Independen Nilai PPD Tanah Datar

Rabu, 05 April 2023, 20:21 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Liputan Khusus: Masuk 12 Besar Nasional, Tim Independen Nilai PPD Tanah Datar
Bupati Tanah Datar, Eka Putra perlihatkan hasil pertanian di daerah itu pada Ketua Tim Penilai PPD, Prof Hermanto Siregar di Batusangkar, Rabu. (irfan taufik)

Dari beberapa pertemuan dan diskusi tersebut, ada beberapa poin yang jadi catatan waktu itu dan cerita ini jadi beban pikiran.

Sehingga mencalonkan diri dan terpilih menjadi bupati, ada 4 program unggulan kami yang berkaitan dengan pertanian.

Eka menjelaskan, ada 4 program yang berkaitan langsung dengan petani tersebut antara lain Program Membajak Sawah Gratis atau sekarang disebut Bombastis, Asuransi Tani, Perbaikan Irigasi dan peningkatan kuota pupuk bersubsidi.

Baca juga: Gunung Marapi Erupsi, Ini Pesan Bupati Tanah Datar

Selain 4 program yang dijanjikan kepada masyarakat, bersama pemangku kebijakan lainnya Pemkab Tanah Datar juga mengaktifkan UPPO. Ini dilakukan dengan harapan, ke depan para petani Tanah Datar tidak lagi tergantung kepada pupuk kimiawi.

"Apa yang menjadi cita-cita ini tercapai sesuai target yang tercantum pada roadmap program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar," ungkapnya.

Inovasi Bombastis pada 2022 berhasil melampaui target yang durencanakan semula, dari target 4.200 hektare.

"Terealisasi seluas 4.204 hektare atau 100,11% yang meliputi 7.900 orang petani penerima manfaat," tutur Eka.

Dia mengharapkan agar penilaian ini dapat berjalan dengan lancar dan kepada seluruh stakeholder terkait juga diminta untuk dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh tim penilai.

Verifikasi Lapangan

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: