Program Hafal Satu Juz Al Quran bagi Siswa SD dan SMP, Wako Padang Gandeng STIU WM Bogor

Selasa, 21 Maret 2023, 10:16 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Program Hafal Satu Juz Al Quran bagi Siswa SD dan SMP, Wako Padang Gandeng STIU WM Bogor
Wako Padang, Hendri Septa menyerahkan nota kesepahaman pada pimpinan dari STIU WM Bogor bersama Syaikh Abdurrahman Bakr, usai penandatanganan kerjasama tentang Tridharma Perguruan Tinggi di Balairung Hotel Jakarta, Senin. (humas)

JAKARTA (20/3/2023) - Wali Kota Padang, Hendri Septa mengungkapkan, Pemko Padang tengah menjalankan program wajib hafal satu juz al Quran bagi siswa SD dan SMP sederajat di Kota Padang.

"Memaksimalkan sekaligus melakukan penguatan terhadap program tersebut, Pemko Padang sengaja menggandeng Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak (STIU WM) Bogor," ungkap Hendri Septa sewaktu menandatangani kesepakatan bersama antara Pemko Padang dengan STIU WB Bogor tentang Tridharma Perguruan Tinggi di Balairung Hotel Jakarta, Senin.

Dijelaskan Hendri Septa, STIU WM Bogor merupakan salah satu perguruan tinggi Islam di Indonesia yang fokus terhadap upaya pengembangan tahfidz Al-Qur'an. Lulusan perguruan tinggi ini telah banyak melahirkan para penghafal Al-Qur'an.

"Kita berharap dengan adanya kerjasama ini, STIU WM Bogor dapat membantu Pemerintah Kota Padang, dalam hal ini anak-anak kita yang duduk dibangku sekolah supaya mereka mudah dan cepat dalam menghafal Al-Qur'an. Untuk itu kita perlu kerjasama dan dukungan dari STIU WM Bogor ini," ungkap Hendri.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Sementara, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Padang, Fuji Astomi mengatakan, Pemerintah Kota Padang telah meluncurkan program wajib hafal satu juz Al-Qur'an pada awal 2022 lalu.

Agar program tersebut t, rlaksana diperlukan penguatan dan metode pembelajaran yang efektif supaya dapat diterapkan di sekolah-sekolah di Kota Padang.

"Kita berharap, dengan adanya kerjasama ini program hafizh Qur'an dapat terlaksana dengan baik, sehingga 120 ribu siswa sekolah dasar dan menengah negeri di Kota Padang bisa hafal Al-Qur'an. Untuk tahap awal, kerjasama ini kita akan mulai pada pelaksanaan Pesantren Ramadhan," pungkasnya.

Diketahui, pimpinan dari STIU WM Bogor bersama Syaikh Abdurrahman Bakr, telah berkunjung ke Kota Padang pada 1 Maret 2023 lalu, melihat pelaksanaan program wajib hafal satu Juz Al-Qur'an di beberapa sekolah bersama Hendri Septa.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

Turut hadir mendampingi Wali Kota Padang dalam kesempatan tersebut, Sekretaris DPRD Kota Padang Hendrizal Azhar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yopi Krislova.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: