200 Peserta Ikuti Kontes Ayam Kukuak Balenggek, Marfendi: Gelar Secara Rutin

Minggu, 12 Februari 2023, 21:19 WIB | Wisata | Kota Bukittinggi
200 Peserta Ikuti Kontes Ayam Kukuak Balenggek, Marfendi: Gelar Secara Rutin
Wawako Bukittinggi, Marfendi bersama penggemar ayam kukuak balenggek di seluruh kabupaten/Kota se-Sumatera Barat itu, yang akan memperebutkan Piala Walikota Bukittinggi, Ahad. (hamriadi)

BUKITTINGGI (12/2/2023) - Wawako Bukittinggi, Marfendi meminta Dinas Pariwisata Bukittinggi segera menyusun kalender kegiatan Kontes Ayam Kukuak Balenggek. Dia menyebut, minimal dua kali dalam setahun bisa digelar lomba ini.

"Pemko Bukittinggi mendukung penuh even kontes ayam Kukuak Balenggek digelar ini. Kalau bisa, even ini digelar secara rutin," ungkap Marfendi saat membuka Even Ayam Kukuak Balenggek, di Lapangan Wirabraja (Kantin), Ahad.

Marfendi melihat, animo penggemar Ayam "Kukuak Balenggek" cukup besar untuk mengikuti dan menyaksikan even ayam tersebut.

Fenomena ini, terang dia, merupakan peluang menggaet pengunjung wisatawan datang ke Bukittinggi untuk berwisata, sekaligus menyaksikan even ayam kukuak balenggek.

Baca juga: Marfendi Berbagi Pengalaman Politik pada Buka Bersama IKTR

"Efek dominonya tentu kepada PAD Bukittinggi yang akan meningkat. Dengan sendirinya, ekonomi warga Bukittinggi juga akan meningkat, usaha UMKM akan semakin menggeliat, karena pengunjung semakin ramai datang berwisata ke Bukittinggi," jelas Marfendi.

Marfendi mengatakan, even ini bisa mengarah ke tingkat nasional, mengingat antusiasnya peserta dan minat dari masyarakat yang menghadiri event ini.

Kegiatan yang diikuti para penggemar ayam kukuak balenggek di seluruh kabupaten/Kota se-Sumatra Barat itu, akan memperebutkan Piala Walikota Bukittinggi.

Even dibuka Marfendi dihadiri unsur Forkopimda Bukittunggi seperti Dandim 0304 dan Dispora kota Bukittinggi.

Baca juga: Marfendi Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Penanaman Modal Daerah dan Ranperda PPPA

Sebanyak 200 peserta mengikuti lomba ini. Diperkirakan, ayam yang dikonteskan lebih 600 ekor ayam endemik dari berbagai daerah.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: