Pasang Target PAD Rp1,3 Triliun Tahun 2023, Ini Tiga Program Unggulan Samsat

Minggu, 12 Maret 2023, 23:53 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pasang Target PAD Rp1,3 Triliun Tahun 2023, Ini Tiga Program Unggulan Samsat
Kepala Bapenda Sumbar, Maswar Dedi, Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya dan Perwakilan Jasa Raharja, saat peluncuran 3 Program Unggulan Pembina Samsat Sumbar, di Padang, Sabtu.

PADANG (11/3/2023) - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbar, Maswar Dedi menargetkan, tahun 2023 sektor pajak kendaraan bermotor menyumbang Rp1,3 triliun untuk PAD.

Hal tersebut disampaikannya pada kegiatan peluncuran 3 Program Unggulan Pembina Samsat Sumatera Barat di Transmart Padang, Sabtu (11/03/2023).

"Program ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar pajak," kata Maswar.

Ia menjelaskan, tiga program unggulan tersebut yakni program Triple Untung, Penghapusan Data Kendaraan Bermotor Mati Pajak dan Pembukaan Gerai Samsat Corner di Transmart Padang.

Baca juga: Banggar Riau Pelajari Kiat UPTD Samsat Sarilamak Gali Potensi Pendapatan di Sumatera Barat

Untuk Program Triple Untung yaitu pertama bebas denda bea balik nama kendaraan bermotor ke II dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kemudian bebas pokok bea balik nama kendaraan bermotor ke II dan untuk kendaraan di luar Sumbar diberikan diskon 50 persen untuk pembayaran pajak di tahun pertama setelah balik nama.

Ketiga, bebas denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

"Untuk program ini hanya berlaku untuk periode pembayaran dari 2 Maret hingga 2 Mei 2023 dan tidak ada perpanjangan," ujarnya.

Baca juga: Segera Manfaatkan! Penghapusan Denda Pajak Riau Diperpanjang Hingga 31 Agustus 2023

Sementara untuk penghapusan data kendaraan bermotor mati pajak akan dilakukan pada kendaraan bermotor yang tidak membayar pajak dua tahun sejak habisnya masa berlaku STNK.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: