Pasiter Kodim 0319/Mentawai dan Rombongan Tinjau Lokasi Penanaman Bibit Mangrove

Rabu, 22 Februari 2023, 15:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Pasiter Kodim 0319/Mentawai dan Rombongan Tinjau Lokasi Penanaman Bibit Mangrove
Plh Pasiter Kodim 0319/Mentawai, Letda (Inf) James Sibarani dan rombongan, tinjau calon lokasi penanaman 1.500 bibit Mangrove yang akan dilaksanakan di Dusun Atduru, Desa Goisooinan, Kecamatan Sipora Utara. (humas)

MENTAWAI (22/2/2023) - Pelaksana Harian (Plh) Pasiter Kodim 0319/Mentawai, Letda (Inf) James Sibarani dan rombongan, tinjau calon lokasi penanaman 1.500 bibit Mangrove yang akan dilaksanakan di Dusun Atduru, Desa Goisooinan, Kecamatan Sipora Utara.

"Tim dari Kodim 0319/Mentawai bersama pemerintahan desa setempat, telah melaksanakan peninjauan lahan lokasi penanaman 1.500 bibit Mangrove," ungkap Dandim 0319/Mentawai, Letkol (Inf) Suirwan saat dikonfirmasi, Rabu.

Dikatakan, poenanaman bibit mangrove ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh pesisir pantai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) pada 15 Maret 2023 mendatang.

"Kawasan Dusun Atduru Desa Goisooinan menjadi pilihan dalam penanaman Pohon Mangrove. Karena mengalami abrasi parah akibat hempasan ombak," ungkap Letkol Suirwan.

Di menjelaskan, abrasi pantai terjadi dibeberapa wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Mencegah abrasi makin parah, diantasipasi dengan penanaman pohon mangrove.

"Pohon Manggrove yang ditanam sepanjang bibir pantai nantinya akan mengurangi abrasi dan juga untuk melestarikan ekosistem pantai," ungkapnya.

Diketahui, hutan Mangrove memiliki beberapa keistimewaan dalam berbagai hal baik dari aspek fisik ekologi maupun ekonomi, dan dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan serta bahan baku bahan bangunan.

"Dengan penanaman pohon mangrove dengan skala besar dapat mengurangi bencana alam baik abrasi maupun gelombang tsunami," ujar dia.

Dia mengatakan, masyarakat harus terlibat secara langsung dalam upaya upaya pengurangan risiko bencana tsunami yang salah satunya adalah penanaman Mangrove ini. (dni)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: