Bupati dan 7 Nagari di Agam Terima Penghargaan UHC BPJS Kesehatan

Sabtu, 18 Februari 2023, 07:17 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Bupati dan 7 Nagari di Agam Terima Penghargaan UHC BPJS Kesehatan
Bupati Agam, Andri Warman terima penghargaan UHC dari Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPJS Kesehatan Pusat, Dr dr Mahlil Ruby di Mess Pemda Belakang Balok, Jumat. (humas)

AGAM (17/2/2023) - Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPJS Kesehatan Pusat, Dr dr Mahlil Ruby serahkan penghargaan Nagari Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan pada Bupati Agam, Andri Warman di Mess Pemda Belakang Balok, Jumat.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menyerahkan penghargaan serupa pada 7 pemerintahan nagari di Agam. Salah satu indikator menerima penghargaan ini, 95% dari penduduk nagari sudah ikut progam Jaminan Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Menurut Deputi Direksi Wilayah II, dr Eddy Sulistijanto Hadie, gerakan desa UHC di seluruh nagari Kabupaten Agam untuk mengurangi beban pemerintah daerah.

"Komitmen Bupati Agam sangat diharapkan agar dapat mengimplemetasikan desa UHC kepada seluruh nagari yang ada di Kabupaten Agam,"ujarnya.

Baca juga: Bupati Agam Ajak PANTAS Jabodetabek Terus Berkontribusi Bangun Kampung Halaman

Bentuk implentasi tersebut, sambungnya, bisa dilakukan dengan menambahkan salah satu kategori desa sehat dan sejahtera.

"Saat ini di Kabupaten Agam sudah ada 7 nagari yang memenuhi kategori tersebut dan telah kita berikan penghargaan sebagai tanda apresiasi atas pencapaiannya yang mana 95% warganya telah ikut program JKN,"katanya.

Sementara itu, Andri Warman, mengapresiasi pencapaian yang telah dilakukan oleh 7 nagari tersebut.

"Terima kasih atas kerjasama yang telah dilakukan dinas terkait dengan perangkat kecamatan dan nagari sehingga 7 nagari di Kabupaten Agam bisa mendapatkan penghargaan desa UHC dari BPJS Kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Bupati Agam Ikuti Pertemuan Tim Mediasi Nasional Pembahasan Tanah Eks Lapangan Terbang Gadut

Selain itu, dia berharap, melalui UHC derajat kesehatan penduduk Kabupaten Agam serta aksebilitas pelayanan kesehatan penduduk dapat meningkat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: