Kendarai Ekskavator, Hendri Septa Ikut Keruk Badan Sungai Batu Busuk

Minggu, 12 Februari 2023, 09:49 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kendarai Ekskavator, Hendri Septa Ikut Keruk Badan Sungai Batu Busuk
Wali Kota Padang, Hendri Septa ikut melakukan proses pengerukan Sungai Batu Busuak saat meninjau proses pengerukan yang dilakukan BWS Sumatera V dan Dinas PUPR Padang, Sabtu siang. (humas)

PADANG (11/2/2023) -- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Padang bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, lakukan pengerukan (normalisasi) Sungai Batu Busuk. Upaya ini untuk mencegah banjir kembali melanda kawasan itu sebagaimana terjadi 23 Januari 2023 lalu.

"Penyebab banjir akibat pendangkalan Sungai Batu Busuk. Sehingga, ketika hujan curah tinggi terjadi, debit air jadi tidak tertampung dan tumpah ke area pemukiman warga," ungkap Wali Kota Padang, Hendri Septa saat memimpin langsung pengerukan dasar sungai menggunakan alat berat jenis ekskavator, Sabtu siang.

Hendri juga menyampaikan apresiasinya, atas dukungan BWS Sumatera V yang telah sejak pascabanjir, langsung mengerahkan dua unit kendaraan alat berat untuk menormalisasikan sungai Batu Busuk.

"Batu hasil pengerukan diletakkan di pinggir sungai untuk mempertinggi tebing, hal ini berguna sebagai dinding pencegah meluapnya air ketika debit air sungai meninggi, disebabkan hujan dengan curah ekstrim," ucap Hendri.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Diketahui, banjir di Batu Busuk tersebut mengakibatkan lebih dari 100 rumah warga terendam air. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun puluhan warga sempat dievakuasi.

Dalam kesempatan itu, terlihat Kepala BWS Sumatera V, Muhammad Dian Al Makruf bersama jajaran, Kepala Dinas PUPR Tri Hadiyanto, Camat Pauh Yoserizal dan unsur terkait lainnya ikut meninjau proses pengerukan ini. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: