Aktivitas Mulai Meningkat Pascapandemi: Kontainer Sampah di Mentawai Minim

Kamis, 16 Februari 2023, 23:11 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Aktivitas Mulai Meningkat Pascapandemi: Kontainer Sampah di Mentawai Minim
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mentawai. Elisa Siriparang.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

MENTAWAI (30/1/2023) - Kabupaten kepulauan Mentawai, hanya memiliki 12 unit kontainer sampah. Untuk tahun anggaran 2023 ini, pengadaan kontainer sampah yang bersumber dari DAK, hanya satu unit.

"Kita membutuhkan kontainer sampah sangat banyak, seiring bertambahnya aktifitas masyarakat," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mentawai. Elisa Siriparang ketika ditanya valoranews mengenai minimnya kontainer sampah di Tua Pejat, Senin.

Kontainer sampah yang ada saat ini, ungkap dia, tersebar di berbagai tempat. Di antaranya, di Dinas Perhubungan, Tempat Pelelangan Ikan, di Jembatan Mapadegat, di RSUD, di Polres, dekat jembatan SP 2, depan kantor Depag SP 3, dekat Pasar Ibu, dekat Kejari dan di Goisoinan.

Dikatakan Elisa, untuk menunjang pariwisata dimana Mentawai adalah daerah pariwisata yang sudah terkenal di dunia, perlu memperhatikan kebersihan khususnya dilingkungan destinasi wisata.

Baca juga: DLH Agam Terjunkan 53 Personel Bersihkan Sampah Pasca Pawai Alegoris

Seperti di lokasi wisata Mapadegat, tepatnya di Home Stay. Di sana ada satu kontainer sampah.

Elisa menyampaikan, Dinas Pariwisata harus ada tenaga kebersihannya, minimal lima orang untuk membersihkan lingkungan itu dan juga harus ada tenaga keamanannya.

Ia meminta, tenaga kebersihan itu cukup memungut sampah di lokasi home stay itu dan dikumpulkan di kontainer. Nanti, personel Dinas Lingkungan Hidup yang akan membawa ke Tempat Pembuangan Sampah.

Elisa juga berharap, Dinas Pariwisata untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan home stay untuk digunakan pelaku UMKM guna menjual hasil produksinya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Hadiahkan Uang Tunai bagi Pengumpul Sampah Terbanyak di Festival Kuliner Minangkabau

Pusat Diharapkan Membantu

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: