Padang akan Berlakukan Lima Hari Sekolah, Ini Peluang dan Tantangan

Kamis, 12 Januari 2023, 18:36 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Padang akan Berlakukan Lima Hari Sekolah, Ini Peluang dan Tantangan
Wako Padang, Hendri Septa didampingi Andree Algamar (Sekda) dan Yopi Krislova (Kadisdikbub) memberikan arahan pada FGD Full Day School di balai kota, Rabu siang. (humas)

PADANG (11/1/2023) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang rancang pemberlakuan Full Day School. Dengan begitu, siswa hanya masuk sekolah lima hari dalam sepekan. Ditargetkan, konsep ini diberlakukan di awal-awal tahun 2023 ini.

Pelaksanaan sekolah lima hari dalam sepekan ini, juga dalam rangka menindaklanjuti Permendikbud No 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah atau Lima Hari Kerja di Sekolah (Senin-Jumat). Selain itu, program ini juga sejalan dengan kurikulum Merdeka Belajar.

"Kita tentu berharap, upaya ini segera dapat diberlakukan dan berjalan sesuai harapan nantinya. Semoga bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan di Kota Padang," ungkap Wako Padang, Hendri Septa saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Full Day School bersama stakeholder kependidikan di Gedung Abu Bakar Ja'ar Kantor Balai Kota Padang, Rabu siang.

Menurut Hendri, mempersiapkan peserta didik di Kota Padang yang berkarakter serta mampu menghadapi tantangan perkembangan era globalisasi yang jadi salah satu pertimbangan full day shool, layak untuk ditindaklanjuti lebih mendalam.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Peluang dan Tantangan

Sementara, Kepala Disdikbud Padang, Yopi Krislova menyebutkan, perubahan hari masuk sekolah jadi lima hari dalam sepekan ini, memiliki cukup banyak manfaat.

Di antaranya, memberikan penguatan pendidikan karakter murid di sekolah seperti melalui pelaksanaan Shalat Dzuhur dan Ashar berjamaah serta menyelaraskan jam pulang kerja siswa dan hari libur dengan orang tua yang bekerja.

"Melalui kebijakan Full Day School ini kita yakin juga dapat menghindari perilaku negatif bagi peserta didik sepulang sekolah seperti keluyuran bahkan tawuran yang marak terjadi," ungkapnya.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Selain itu, juga memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan bakat dan minat serta dapat membantu orang tua bekerja di hari libur Sabtu dan Ahad. Kemudian, juga dapat menambah quality time dalam keluarga bagi siswa dan guru," terangnya.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: