Pemekaran 71 Nagari Tandai Hari Jadi Pasaman Barat ke-19 Tahun 2023

Sabtu, 07 Januari 2023, 20:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Pemekaran 71 Nagari Tandai Hari Jadi Pasaman Barat ke-19 Tahun 2023
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy bersama Hamsuardi (Bupati Pasbar), Erianto (Ketua DPRD) dan jajaran lainnya, pada sidang paripurna istimewa hari jadi Pasaman Barat ke-19, di aula kantor bupati, Sabtu. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (7/12/2023) - Hari jadi Kabupaten Pasaman Barat ke-19 tahun 2023 ini ditandai dengan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Pasaman Barat di aula kantor bupati, Sabtu. Paripurna istimewa ini dipimpin Ketua DPRD Pasbar Erianto.

"Kita berharap, hubungan yang harmonis selama ini jangan sampai berubah, jangan sampai renggang, kondisi kondusif ini harus selalu dijaga. Hubungan yang harmonis ini adalah modal besar untuk kita karena Pasaman Barat yang merupakan daerah dengan multi etnis, suku dan agama," ungkap Audy saat memberikan sambutan pada perayaan hari jadi itu.

Audy Joinaldy meyakini, Pasaman Barat ke depannya akan jadi kabupaten yang cemerlang di Sumatera Barat, bahkan mungkin saja di pesisir barat pulau Sumatera. Dengan adanya pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang dan Proyek Strategis Nasional lainnya.

Pada kesempatan itu, Audy menyampaikan selamat pada Pemerintah Daerah, DPRD dan masyarakat Pasaman Barat dengan telah disetujuinya sebanyak 71 Nagari definitif baru oleh Menteri Dalam Negeri RI.

Baca juga: Masa Tanggap Darurat Segera Berakhir, Gubernur Sumbar Tugaskan Wagub Lakukan Pendataan, Ini Targetnya

"Harus ada upaya-upaya nyata dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat untuk memberikan dukungan kepada nagari-nagari tersebut baik dari segi kebijakan, aparatur, maupun anggaran. Sehingga harapan untuk menjadikan nagari tersebut menjadi nagari mandiri, dapat terwujud dibeberapa tahun kedepan," harapnya.

Apresiasi juga diberikan Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto. Ia menegaskan, bersama jajaran akan mendukung program Pemerintah Daerah sehingga tercapainya apa yang menjadi cita-cita Kabupaten Pasaman Barat.

"Kepemimpinan saat ini penuh dengan tantangan, terutama pasca tragedi bencana alam gempa bumi pada tanggal 25 Februari 2022 lalu, yang telah meluluhlantahkan sebagian besar rumah dan bangunan warga terutama pada 3 kecamatan yakni Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Kinali," ucapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah dan semua pihak yang telah berkontribusi nyata atas keberhasilan pelaksanaan pemekaran 71 Nagari. Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.1.1-6117 tahun 2022.

Baca juga: ORDA Sumbar Gelar SES di Pantai Ujung Batu, Sepakati Gelar Bakti Sosial di Daerah Terdampak Bencana

Sehingga, jumlah nagari di Pasaman Barat pada tahun 2023 ini sebanyak 90 nagari dan telah disediakan Alokasi Anggaran Dana Nagari pada APBD tahun 2023 sebesar Rp64,857 miliar lebih.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: