Agam akan Bangun Peternakan Sapi di Nagari Pasia Laweh, Pemilik Lahan Berikan Izin

Jumat, 06 Januari 2023, 16:43 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Agam akan Bangun Peternakan Sapi di Nagari Pasia Laweh, Pemilik Lahan Berikan Izin
Bupati Agam, Andri Warman bersama jajaran, bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Nagari Pasia Laweh di perantauan, Zul Arfin Dt Parpatiah, Kamis. Dalam pertemuan di kediaman Zul Arifin, di Cigadung Selatan, Bandung, diperoleh kesepakatan izin penggunaan

BANDUNG (5/1/2023) -- Rencana Pemkab Agam untuk membangun peternakan sapi di tahun 2023 ini bakal terwujud seiring persetujuan izin pakai pemilik lahan. Peternakan ini akan dibangun di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh.

Persetujuan ini didapat, saat Bupati Agam, Andri Warman bersilaturahmi dengan perantau Nagari Pasia Laweh sekaligus pemilik lahan rencana lokasi peternakan, Ir H Adizal Azhar Dt Batuah, di Cigadung Selatan, Bandung, Kamis.

Wali nagari Pasia Laweh, Zul Arfin Dt Parpatiah yang turut mendampingi bupati pada pertemuan itu mengatakan, bupati beserta jajaran pemerintahan daerah, sengaja mendatangi tokoh masyarakat Nagari Pasia Laweh itu.

Selain silaturahmi untuk meminta kesediaan pemakaian lahan, katanya, kehadiran bupati di kediaman Adizal Azhar Dt Batuah juga mendiskusikan tahapan-tahapan pengembangan sapi di Nagari Pasia Laweh.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Nagari Pasia Laweh Sisakan 129 Warga, Ini Sebabnya

"Dari pertemuan itu, Bapak Adizal Azhar Dt Batuah menyambut baik rencana program Dinas Pertanian Agam ini. Beliau memperbolehkan lahannya digunakan, bahkan menawarkan penambahan lahan jika dibutuhkan," ujarnya.

Diungkapkan Zul Arfin, proses teknis pengembangan peternakan sapi yang diproyeksikan menjadi rujukan di Sumatera Barat ini, telah disiapkan. Dikatakan, administrasi dan MoU kontrak pemakaian lahan akan dirampungkan pada Maret 2023.

"Pemilik lahan bahkan ingin disegerakan, lebih cepat lebih baik. Secara prinsip beliau bersedia menyerahkan lahan untuk pinjam pakai," tuturnya.

Diketahui turut mendampingi bupati pada pertemuan itu, tenaga ahli bupati, Kepala Dinas Pertanian Agam beserta staf dan Wali Nagari Pasia Laweh. (kyo)

Baca juga: Solsel Pelajari Pengelolaan Sapi di Lampung Selatan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: