Ini Kinerja Bawaslu Sumatera Barat Tahun 2022

Sabtu, 31 Desember 2022, 00:07 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Ini Kinerja Bawaslu Sumatera Barat Tahun 2022
Komisioner Bawaslu Sumbar, Benny Aziz (kiri, berpangku tangan) mendengarkan keterangan warga saat proses verifikasi faktual keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

- Pelaksanaan Pendidikan Pengawas Partisipatif oleh Bawaslu Provinsi Sumbar dilakukan sebanyak 2 Kali yang dilaksanakan di Fakultas Hukum UNAND, Fakultas Hukum dan Fakultas FISIP UMSB

- Sosialisasi dengan metode pemasangan Baliho 20 titik dan Spanduk 20 titik dengan jumlah 40 Baliho dan spanduk

- Sosialisasi dengan metode pemasangan spanduk oleh Bawaslu Kabupaten/Kota yang tersebar di 179 Kecamatan se-Provinsi Sumatera Barat.

- Program Kampung Pengawas Pemilu di 10 Titik di Kabupaten/Kota

- Sedangkan untuk Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif sebanyak 204 kali.

4. Persiapan Pengawasan Pemilu 2022

Sepanjang tahun 2022 Bawaslu Provinsi Sumatera Barat juga melaksanakan kegiatan dalam rangka persiapan pengawasan Pemilu Tahun 2024 baik kegiatan internal dan juga kegiatan yang melibatkan pihak eksternal sebanyak 16 kegiatan.

Adapun beberapa kegiatan tersebut diantaranya Rakor Sentra Gakkumdu, Rakor Netralitas ASN, Rakernis Penanganan Pelanggaran Netralitas Kepala Desa, Sosialisasi dan Implementasi Tata Kerja dan Pola Hubungan Badan Pengawas Pemilihan Umum, Sosialisasi Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Kemudian, sosialisasi Peraturan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Bimtek Penyelenggaraan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, Bimtek Tata Cara Verifikasi kelengkapan dokumen permohonan penyelesaian sengketa proses pemilu secara formil dan materil, Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu "Penyusunan Laporan AKhir hasil Pengawasan dengan Bawaslu Kabupaten/Kota"

5. Pemetaan Terhadap Indeks Kerawanan Pemilu dan Pemilihan 2024

Bawaslu Provinsi Sumatera Barat juga melakukan pemetaan terhadap Indeks Kerawanan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024, adapun hasil pemetaan tersebut Bawaslu Provinsi Sumatera Barat masuk kategori kerawanan level sedang sedang skor 39,68.

Untuk pemetaan Indeks Kerawanan Pemilu oleh Bawaslu Kabupaten/Kota, hasil Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dengan kategori kerawanan level rendah sebanyak 2 Kabupaten/Kota, rawan sedang 15 Kabupaten/Kota dan rawan tinggi sebanyak 2 Kabupaten/Kota.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024