Kusir Bendi dan PKL Kecipratan Berkah Event Pedati XII, Pendapatan Meroket

Minggu, 25 Desember 2022, 21:06 WIB | Wisata | Kota Bukittinggi
Kusir Bendi dan PKL Kecipratan Berkah Event Pedati XII, Pendapatan Meroket
Pengunjung memadati pedistrian Jam Gadang saat pagelaran Pedati XII, Ahad. (hamriadi)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (25/12/2022) - Seorang Kusir Bendi di sekitaran Pasar Atas Bukittinggi, Menan, kecipratan berkah Ivent Pesta Budaya Seni Dagang dan Industri (Pedati) Xll dan HUT Kota Bukittinggi ke- 238.

"Biasanya, pendapatan sehari hanya ratusan ribu rupiah. Sejak Ivent Pedati XII, pendapatan sampai angka sejutaan rupiah," ujar Menan, saat ditemui di seputaran Pasar Atas, Ahad.

Peningkatan omset, juga dirasakan Adri. Penjual aksesoris ini mengaku dagangannya laris manis mengingat banyak wisatawan datang ke Bukittinggi, sejak adanya Pedati XII.

"Alhamdulillahpengunjung membludak ke Bukittinggi, kami pedagang dapat untung, dengan lakunya dagangan," sebutnya.

Baca juga: Elqadri jadi Pj Sekda Bukittinggi, Ini Pesan Wali Kota

Biasanya, kata dia, penjualan di hari biasa, omset memang hanya ratusan ribu, namun sejak Pedati XII naik.

"Event Pedati XII telah berpengaruh pada pendapatan kami yang mengalami peningkatan. Kita harapkan akan adanya acara besar digelar pemerintah setiap saat," tuturnya.

Peningkatan omset dua PKL di Bukittinggi ini, tak lepas dari pagelaran Pedati XII sebagai ajangnya promosi kepariwisataan, program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah yang melibatkan segala stakeholder, seni dan pelaku UMKM Bukittinggi.

Sebagaimana disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, peningkatan ekonomi masyarakat yaitu bagaimana menarik wisatawan datang ke Bukittinggi, pemerintah kota telah menggelar Ivent Pedati XII.
"Pedati Xll dari tanggal 15 hingga 31 Desember 2022. Pedati sudah 11 tahun vakum, dan kembali digelar. Alhamdulillah, hampir 10 ribu pengunjung datang setiap hari," ujarnya.

Baca juga: 1.030 Guru Non PNS Bukittinggi Dibayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Erman menyampaikan, kegiatan Pedati XII merupakan salah satu bentuk realisasi janji kampanye, yaitu bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sejumlah kegiatan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: